Home / SUMUT / Seluruh Personil Polres Tobosa dan Taput Dikerahkan Cari Helikopter Hilang

Seluruh Personil Polres Tobosa dan Taput Dikerahkan Cari Helikopter Hilang


MEDAN| Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Ngadino mengerahkan seluruh anggota Polres Tobasa dan Tapanuli Utara (Taput) melakukan pencarian helikopter yang hilang kontak di kawasan Samosir.

Selain itu, Kapolda juga kerahkan satu tim Brimob Poldasu untuk membantu pencaharian
helikopter EC 130 PK-BKA milik Penerbangan Angkasa Semesta tujuan Samosir-Kualanamu dikabarkan hilang kontak sejak pukul 11.30 WIB.

“Saya sudah perintahkan Kapolres dan Kapolsek di jajaran Polres Tobasa dan Taput untuk menurunkan anggota melakukan pencarian,” kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Ngadino kepada wartawan, Minggu (11/10/2015).

Ia menambahkan, helikopter itu membawa lima orang, di antaranya Pilot Kapten Teguh Mulyatno, seorang teknisi, Hari Poerwanto dan tiga orang penumpang Nurhayanto, Giyanto, Frans. Namun, dirinya belum mengetahui apakah helikopter berikut lima orang didalamnya selamat. “Helikopter yang hilang kontak ini komersial, milik PT Penerbangan Angkasa Semesta.

Baca Juga:  Warga Desa Sipinggan Melihat Helikoter Terbang Rendah di Ketinggian 8 Meter

Cuaca di Sumut pagi sampai sore relatif cerah, namun tadi saya dapat kabar di daerah Samosir ada hujan, tapi tak deras,” pungkasnya.

Basarnas Terjunkan 6 Regu
Sementara itu, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Medan juga menerjunkan timnya untuk mencari helikopter EC 130 PK BKA PT Angkasa Semesta yang hilang kontak. Pada Minggu sore tim pencari sudah berangkat menuju lokasi hilang kontaknya helikopter yang diperkirakan di kawasan Simanindo, Samosir.

“Sebanyak 6 regu SAR Kota Medan telah diturunkan, dibantu oleh SAR Tanjungbalai dan beberapa orang anggota SAR yang berjaga di Posko Sinabung,” kata anggota Basarnas Medan, Andika Azis, di Medan, Minggu (11/10/2015).

Untuk mendukung operasi pencarian, SAR Medan juga akan membuka posko di Bandara Kualanamu. “Malam ini posko mulai dibuka,” ujar dia.

Sebelumnya, Kahumas dan Protokol Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto, mengatakan helikopter berangkat dari Samosir Minggu pukul 11.30 WIB. “Tujuan penerbangan helikopter Bandara Kualanamu berangkat dari Samosir,” kata Aziz.

Baca Juga:  Idaham Dan Lisa Andriani Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban DPC PDI - Perjuangan Binjai

Ia menjelaskan, helikopter milik PT Angkasa Semesta itu dipiloti oleh Teguh Muyatno dengan teknisi Hari P. Selain itu di dalam helikopter juga ada 3 penumpang lainnya.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan Herson membenarkan bahwa saat ini memang ada satu unit helikopter yang hilang dari radar. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim SAR Medan. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up