Home / SUMUT / Sensus Penduduk 2020 Akan Dilakukan Dengan Metoda Kombinasi

Sensus Penduduk 2020 Akan Dilakukan Dengan Metoda Kombinasi


EDISIMEDAN COM, MEDAN- Untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dalam waktu dekat akan melakukan sensus penduduk. Direncanakan Sensus penduduk akan dilaksanakan pada Januari sampai Maret 2020.

Menjelang sensus penduduk tersebut, BPS Provsu menggelar rapat koordinasi Satu Data Kependudukan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumut, pada Jumat (15/11/2019) di salah satu hotel Di Medan.
“Kegiatan kita hari ini koordinasi untuk konsolidasi mengenai rencana sensus penduduk 2020 yang akan diadakan pada tahun 2020. Untuk sensus, ini merupakan yang pertamakali digunakan metoda kombinasi. Data dari disdukcapil dikombinasikan dengan data yang diperoleh dengan metoda IT. Sehingga nantinya diperoleh satu data,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) R.Sabrina yang hadir pada rapat koordinasi itu.
 Dikatakanya, dengan dikolaborasikannya  menjadi satu data sehingga tidak ada lagi yang ragu dengan jumlah data kependudukan di Sumatera Utara. Misalnya saja data kemiskinan yang selama ini selalu berbeda di tiap instansi sehingga menimbulkan keraguan dimasyarakat.
Lebih lanjut ia mengatakan hasil sensus penduduk 2020 ini nantinya akan digunakan untuk seluruh instansi  pengguna data.
“Wali data di daerah itu nanti dari Kominfo, pembina datanya BPS. Jadi kemarin Kominfo sudah kita gabungkan. Dan saat ini sesuai berdasarkan informasi dari kepala BPS, yang dikominfo ini sekarang sedang melakukan pembinaan berupa  pelatihan. Karena mereka nantinya sebagai wali data harus mempunyai tampilan dan persepsi yang sama terhadap pengelolan data. Jadi jangan berbeda lagi nanti data yang dikeluarkan Kominfo sama data yang BPS. Jadi kemanapun kita nanti akan bisa sama Karena data dasar itu dari disdukcapil,” ucapnya
Ditempat yang sama, Kepala BPS Provinsi Sumatera,  Syech Suhaimi mengatakan sensus penduduk mandiri akan dilaksanakan di bulan February sampai Maret 2020. kemudian door to door itu dilakukan jika nantinya masih ada yang tidak bisa secara mandiri karena internet jaringan tidak bagus. sensus door to door dibulan Juli.
“Jadi mereka secara online, jadi ada alamat webnya tinggal di isi. Mudah sekali, Januari  kita adalagi koordinasi dengan kepala lingkungan, kepala desa, camat,” katanya.
Dan untuk jumlah petugas yang akan terlibat dalam mensukseskan sensus penduduk 2020 sebanyak 400 ribu petugas  secara nasional, sedangkan untuk Sumatera Utara akan melibatkan 19 ribu lebih yang melibatkan masyarakat setempat. (Mahbubah Lubis)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up