Home / NEWS / Setahun di Aceh, 19 Pengungsi Rohingya Dibawa ke Medan

Setahun di Aceh, 19 Pengungsi Rohingya Dibawa ke Medan


Sebanyak 19 orang pengungsi warga Myanmar dari etnis Rohingya yang berasal dari penampungan di Lhokseumawe dan di Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, tiba di Hotel Beraspati, Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara Selasa (22/11/2016).

EDISIMEDAN.com MEDAN – Kurang lebih satu tahun berada di lokasi penampungan Lhokseumawe dan di Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, Aceh, sebanyak 19 orang pengungsi warga Myanmar dari etnis Rohingya tiba di Hotel Beraspati, Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara Selasa (22/11/2016).

Ke 19 orang ini dipindahkan ke Medan dalam rangka mengikuti wawancara untuk penempatan ke negara ketiga yang akan menampung mereka.

“19 orang yang datang dari Aceh ini merupakan prioritas untuk mengukuti interview guna penempatan ke negara ketiga yang menampung mereka,” jelas Kepala Sub Pengawasan Orang Asing Imigrasi Polonia Medan Torang Pardosi, Selasa (22/11/2016) di tempat penampungan pengungsi Rohingya, Hotel Beraspati.

Torang melanjutkan, 19 etnis Rohingya ini merupakan pengungsi asal Myanmar yang masuk ke Indonesia pada tahun 2015 lalu. Proses interview terhadap para pengungsi Myanmar ini sendiri dilaksanakan di Hotel Grand Aston Medan. Interview dikakukan oleh pihak kedutaan negara ketiga yang dituju.

Baca Juga:  Jaksa Terima SPDP Kasus Penganiayaan yang Dilakukan Eks Pemain Timnas Indonesia
Pengungsi Rohingya terdiri dari perempuan dan anak-anak akan mengikuti interview guna penempatan ke negara ketiga yang menampung mereka, yaitu Amerika Serikat
Pengungsi Rohingya terdiri dari perempuan dan anak-anak akan mengikuti interview guna penempatan ke negara ketiga yang menampung mereka, yaitu Amerika Serikat

“Mereka rencananya akan dikirim ke Amerika Serikat. Tahap pemindahannya, mereka lulus interview baru dapat persetujuan negara ketiga,” paparnya.

Namun, diungkapkan Torang, dirinya tidak mengetahui secara pasti kapan mereka akan di berangkatkan. “Kapan mau dipindahkan kita belum tau pasti,” pungkas Torang. [buwas]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up