Siaga Bencana, BPBD Binjai Bersihkan Sungai Mencirim dan Sungai Bangkatan

57
Personel BPBD Kota Binjai saat melakukan bersih bersih sungai dari sampah dan kayu

EDISIMEDAN.com, BINJAI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai menerjunkan puluhan personelnya guna membersihkan sampah dan kayu-kayu di aliran Sungai Mencirim Kota Binjai dalam rangka siaga bencana banjir. Selain sungai tersebut, sebelumnya juga telah dilakukan pembersihan dan pembangunan benteng disepanjang aliran Sungai Bangkatan, Binjai Selatan.

Kepala BPBD Binjai, Ahmad Yani SSTP menyatakan pembersihan aliran Sungai Mencirim ini merupakan agenda rutin pihaknya.

“Kegiatan ini dalam rangka siaga bencana alam dan saluran drainase serta membantu agar abu tidak berterbangan ,” ungkap Ahmad Yani.

Lanjut Ahmad Yani, selain kegiatan antisipasi banjir kiriman dari hilir, pihaknya juga melakukan kegiatan gotong royong membersihkan drainase guna mengantisipasi debu di jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Binjai Barat. Mereka membersihkan sampah-sampah dan bambu-bambu panjang yang tersangkut di bawah titi.

“Jika dibiarkan lama dan tidak di bersihkan, sampah dan bambu-bambu buangan orang tidak bertanggung jawab itu akan menghalangi kelancaran aliran air dari hilir ke hulu sungai dan berpotensi membuat banjir ke rumah warga yang berada di pinggiran sungai,” pungkas Ahmad Yani.

Kegiatan BPBD Kota Binjai ini mendapat sambutan baik dari elemen masyarakat kota Binjai. Humas PAC IPK Binjai Utara, F Pardede mengapresiasi giat personil BPBD Binjai tersebut. Ia mengatakan antisipasi sejak dini merupakan hal terbaik dan tentu pihaknya mendukung penuh kegiatan positif tersebut. Ia berharap kedepannya kegiatan seperti ini bisa melibatkan elemen masyarakat Binjai lainnya.(*)

Apa Tanggapan Anda?