Home / MEDAN TODAY / Siaga Bencana, Kantor SAR Medan Miliki Fasilitas Kapal Nakula 230

Siaga Bencana, Kantor SAR Medan Miliki Fasilitas Kapal Nakula 230


MEDAN| Badan SAR Nasional (Basarnas) mendapat fasilitas kapal yang dinamakan Kapal Negara (KN) Nakula 230. Kapal berukuran 40 meter itu akan menjadi aset dari Kantor SAR  Medan dalam menghadapi bencana.

Serahterima KN Nakula 230 ini dilakukan Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas), Marsekal Madya TNI FHB Seolistyo di Pelabuhan Belawan–Medan, Kamis (2/4/2015).

Dalam acara peresmian ini tampak hadir beberapa Jajaran Muspida dari Wilayah Sumatera Utara, seperti Gubernur Sumatera Utara ataupun pejabat yang mewakilinya, Wakil Ketua Komisi V DPR–RI, Kapolda Sumut, Danlanud, Dan Lanal dan para Kapolres dan Kapolresta.

Keberadaan kapal baru ini merupakan modernisasi peralatan utama Basarnas, dan  diharapkan dapat mendukung kesiapan Kantor SAR Medan dalam menghadapi musibah dan bencana.
KAPAL SAR

Kabasarnas mempersilahkan kepada siapa saja jika ingin menggunakan sarana yang dimiliki Basarnas, kapan saja dan tidak akan diminta biaya untuk operasionalnya. Jangan sampai karena takut mengeluarkan biaya, pelaporan musibah jadi terlambat sehingga korban tidak terselamatkan.

Baca Juga:  Pemko Medan Edukasi Masyarakat Tangkal Penyebaran Isu Hoax

“Besar harapan saya dengan diresmikannya KN SAR Nakula 230 ini Basarnas yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kantor SAR Medan dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan jasa SAR-nya kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara/Medan dan wilayah disekitarnya,” ujar Kabarnas Marsekal Madya TNI FHB Seolistyo.

Selain acara peresmian KN Nakula 230, terdapat satu agenda kegiatan yang cukup penting yaitu sosialisasi UU nomor 29 Tahun 2014 mengenai Pencarian dan Pertolongan. Kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan agar para potensi SAR di wilayah Sumatera Utara memahami tugas dan tanggung jawab Basarnas dalam memerikan pelayanan SAR.

“Agar masyarakat awam selaku potensi SAR dapat memahami dengan tepat tugas dan fungsi Basarnas sebagai Instansi yang memberikan pelayanan SAR, agar tidak terjadi salah paham dengan jobdesk dan tugas dari instansi lain,” demikian keterangan yang diterima edisimedan.com, Jumat (3/4/2015). [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up