Home / BINJAI / POLITIK / SUMUT / Siapakah Unggul Lisa-Sapta Atau Juliadi-Amir Pada Pilkada Binjai 2020

Siapakah Unggul Lisa-Sapta Atau Juliadi-Amir Pada Pilkada Binjai 2020


RELAWAN EMAK HARIS SAULIA

EDISIMEDAN.COM,Binjai – Pesta Demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai pada tahun 2020 ini nampaknya akan di perebutkan hanya dua pasangan calon. Kedua pasangan itu yakni pasangan Lisa Andriani Lubis – Sapta Bangun dengan lawan beratnya Juliadi – Amir Hamzah.

Mengapa hanya dua calon saja yang kita sebut akan bersaing ketat ? Pasalnya sampai saat ini calon lain belum terlihat ada mendapatkan sampan. Yang sudah tampak di plupuk mata hanya Lisa – Sapta PAN, sedangkankan Juliadi –Amir Golkar/PPP.

Pantauan EDISIMEDAN.COM, meskipun masih dalam pandemi Covid 19 , terlihat tim-tim sukses kedua kubu ini telah melakukan sosialisasi ke elemen masyarakat Binjai. Seperti kubu Lisa-Sapta dengan Relawan Emak. Sedangkan kubu Juliadi –Amir dengan Jamaah. Melihat peta partai dan gerakan kedua kubu saat ini, maka mari kita coba bahas kekuatan suara kedua kubu ini pada pilkada Binjai 2020.

Baca Juga:  Soal Penggunaan SKPI JR Saragih, Ini Jawaban KPU Sumut

Kita mulai dari kubu Lisa-Sapta yang didukung partai PAN Binjai. Berdasarkan data pileg 2019, partai PAN Binjai memperoleh suara sebesar 14.709 suara.Santer dan sangat kuat kemungkinan Lisa-Sapta juga akan didukung oleh PDI-P. Jika benar, maka dari PDI-P Binjai akan diperoleh suara sebesar 18.646.

Sekarang kita coba taksir suara pasangan Juiadi-Amir yang didukung Golkar. Golkar pada pileg Binjai 2019 memperoleh suara terbanyak sebesar 22.878 suara. Kemudian kita hitung suara PPP pada pileg Binjai 8.840 suara.

Oke coba kita hitung suara Lisa-Sapta PAN/PDI-P, 14.709 + 18.646 = 33.355 suara. Kemudian Juliadi – Amir 22.878 + 8840 = 31.715. Artinya kubu Lisa-Sapta masih unggul 1.640 suara dibandingkan perolehan suara Juliadi – Amir .

Nanti akan kita bahas lagi hal – hal yang sensitif misalnya tentang larinya suara partai, merajalelanya suara anak walikota Andre Alfisah pada pileg 2019 ,tentang Juliadi menggulang sejarah dan lain-lainnya. (op)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up