Sinabung Keluarkan Erupsi Disertai Gempa

83
Gunungapi Sinabung, Kamis (18/1/2018) kembali mengeluarkan erupsi. Kali ini semburan vulkanik mencapai 3,5 kilometer serta disertai gempa kecil.

EDISIMEDAN.com, TANAH KARO Gunungapi Sinabung, Kamis (18/1/2018) kembali mengeluarkan erupsi. Kali ini semburan vulkanik mencapai 3,5 kilometer serta disertai gempa kecil.

“Erupsi tersebut terjadi sekitar pukul 09.03 WIB. Tinggi kolom abu 3500 meter atau 3,5 kilometer amp 66 mm,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Armen menyebukan saat erupsi terjadi, juga terjadi gempa selama beberapa detik.

“Selain menyemburkan abu vulkanik, pada saat itu juga terjadi gempa selama 325 detik. Dimana, angin lemah ke arah Selatan-Barat Daya,” ungkap Armen.

Armen menambahkan bahwa pihaknya terus memantau aktivitas Gunung Sinabung itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG – Badan Geologi.

“Kami terus memantau perkembangan dari Sinabung melalui CCTV yang ada di PVMBG, pos Pengamatan Gunungapi Sinabung,” tambahnya.

Melihat status dan tingginya aktivitas Gunung Sinabung saat ini, Armen menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” himbaunya. [ska]

Apa Tanggapan Anda?