Siswa Di Medan Antusias Ikuti Lomba Esai Perpustakaan Medan

    35

    EDISIMEDAN.com,MEDAN: Siswa dari sejumlah sekolah di Kota Medan antusias mengikuti lomba Esai yang digelar Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Medan pada, Selasa (28/8/2018) di Pendopo Lapangan Merdeka Medan.

    Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT ke- 428 Kota Medan ini diikuti 41 peserta dari 67 lebih siswa yang mendaftar.

    Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dan Peningkatan Budaya Baca Perpustakaan Medan, Wahyuni SSTP, M.Si mengatakan Lomba Esai ini dilaksanakan guna meningkatkan daya baca untuk memotivasi generasi muda menjadikan membaca sebagai budaya. Awalnya peserta membuat karangan ilmiah yang kemudian dipresentasikan dan kemudian dinilai oleh juri.

    “Para peserta ini begitu antusias, kita sempat mendapat komplain dengan sejumlah sekolah karena kuota kita tahun ini terbatas, padahal minat sekolah mengikutsertakan siswa berprestasinya dibidang karya ilmiah sangat banyak,” jelas Wahyuni.

    Adapun yang dinilai dari para peserta esai diantaranya teknis penulisan esai, kemampuan anak meracik tulisan dan mempresentasikannya di hadapan peserta lain dan para juri.

    Para peserta terlihat sangat antusias dalam lomba menulis esai ini, terbukti berbagai judul yang tujuannya meningkatkan minat dan budaya baca ini sangat beragam. Mulai esai tentang dongeng, bahkan ada juga esai berupa kritikan.

    Salah satu peserta dari sekolah WR. Supratman 2 Medan, Ichiko mengatakan sangat senang ikut serta dalam lomba esai yang digelar Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Medan ini. Selain ia memang menyukai karya tulis ia juga kerap mengikuti perlombaan- perlombaan berkaitan dengan membaca dan menulis.

    Dalam lomba ini, remaja yang memiliki paras cantik ini mengaku mempresentasikan esai berjudul “membaca, Jendela Dunia Sejak Dini”.

    Pada presentasinya itu Ichiko ingin menyampaikan bahwa dengan membaca kita akan bisa melihat dunia sejak dini, dan ia berharap membaca seperti makanan, yang selalu dibutuhkan dalam hidup.

    Juri yang terlibat dalam lomba esai ini yakni Firman Fran Silalahi, M.Ikom, dari Fisip USU, Drs.Firman Hutasuhut,Mpd, dari Fak. Sastra USU dan Dedy Ardiansyah S.Sos dari Pimpinan Redaksi edisimedan.com dan juga mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen ( Aji Medan).

    Sementara itu, Selain lomba esai ini, sejumlah perlombaan lain juga digelar pada kegiatan pameran buku ini diantaranya lomba mewarnai tingkat TK, lomba mendongeng tingkat SD, dan lomba pidato bahasa inggeris tingkat SMP.

    Pengumuman pemenang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2018 mendatang. (Mahbubah Lubis)

     

    Apa Tanggapan Anda?