Home / MEDAN TODAY / Stabilisasi Harga Pangan, Walikota Medan Resmikan Kedai Kita

Stabilisasi Harga Pangan, Walikota Medan Resmikan Kedai Kita


Walikota Medan Dzulmi Eldin meresmikan Kedai Kita di Pusat Pasar Kota Medan yang diharapkan bisa menjadi rujukan dalam upaya stabilisasi harga pangan di Medan, Kamis (17/5/2018). [edisiMedan.com/budi]
Laporan: Mahbubah Lubis

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Walikota Medan Dzulmi Eldin meresmikan Kedai Kita di Pusat Pasar Kota Medan yang diharapkan bisa menjadi rujukan dalam upaya stabilisasi harga pangan di Medan, Kamis (17/5/2018)

Walikota Dzulmi Eldin mengatakan, melalui gerai ini Pemko Medan berharap harga pangan di pasar di Medan bisa kendalikan lebih efektif.

“Namun, kehadiran kedai ini bukan untuk bersaing dengan pedagang. Kedai hanya akan menjadi rujukan harga bagi masyarakat dan pedagang sebelum melakukan transaksi,” ujar Eldin kepada edisiMedan.com.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Arief Budi Santoso, mengungkapkan, tujuan utama pembukaan gerai ini adalah untuk mengendalikan inflasi Sumut. Gerai didirikannya di kota Medan lantaran 82% inflasi Sumut berpusat di Medan.

“Program ini bukan program puasa, namun akan berlangsung seterusnya untuk menjaga kestabilan harga di Kota Medan,” katanya.

Baca Juga:  Akhyar : Masyarakat Kota Medan Harus Bangga Dengan Keberagaman Yang Dimiliki

Dijelaskan Arif, bahan pangan memang menjadi pendorong utama inflasi di Medan. Yang mendistribusikan barang di Kedai Kita tak hanya Bulog, namun semua yang terlibat dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan.

Adapun bahan pokok yang dijual di gerai hasil kerja sama Pemko Medan, Bulog, Bank Indonesia dan PD Pasar itu, antara lain beras medium, minyak goreng, telur, tepung terigu dan daging sapi. “Dan semua barang yang dijual di sini harganya telah ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Kepala Bulog Subdivre Medan, Marakamin Siregar, mengatakan, kedai tersebut akan menjadi rujukan dalam upaya stabilisasi harga pangan di Medan. Bulog, akan turut mendistribusikan barang ke Kedai Kita jika nantinya Kedai Kita dibuka di pasar lainnya.

“Yang jelas kita harapkan jika PD Pasar bisa memfasilitasi di setiap pasar tersebut, maka kita siap mendistribusikan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ombudsman Desak Kejari Medan Tuntaskan Kasus Korupsi SMK Binaan Pemprovsu

Hadir dalam peresmian Kedai Kita tersebut, Kepala Dinas Perdagangan kota Medan, Armansyah Lubis, Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya, Kadis Ketahanan Pangan, Muslim Harahap, Asisten Ekbang, Qomarul Fattah. [rez]

Reporter
Mahbubah Lubis
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up