Home / KULINER / Sumut Juara Pavorit Lomba Cipta Menu Kreatif di Hari Pangan Sedunia

Sumut Juara Pavorit Lomba Cipta Menu Kreatif di Hari Pangan Sedunia


PALEMBANG| Provinsi Sumatera Utara memperoleh juara terfavorit dalam Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional. Lomba tersebut rangkaian kegiatan memeriahkan peringatan Hari Pangan Sedunia ke 35 yang berlangsung di Komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (17/10/2015).

Tropy dan piagam penghargaan langsung diserahkan Sekjend Kemeterian Pertanian (Kementan), Herry Priyono. Hadir dalam acara tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan isteri yang juga selaku Wakil Ketua I Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut, Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumut Ir Suyono MM dan perwakilan Tim Boga Sumut asal Kabupaten Deliserdang.

Usai penyerahan tropy penghargaan, Wakil Ketua I Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Evi Diana Erry menyatakan apresiasi kepada Tim Boga Sumut yang telah berjuang meraih prestasi dalam ajang Lomba Cipta Menu B2SA dengan tema “Kreasi Cipta Menu Keluarga Berbasis Sumber Daya Lokal” di Palembang.

Baca Juga:  Potensi Mebidangro Bisa Lampaui Surabaya

“Prestasi ini layak menjadi semangat kepada kaum ibu dan generasi muda untuk terus melakukan inovasi bidang boga dan menu kreatif dalam mendorong kesejahteraan keluarga,” ujar Evi.

Dalam lomba tersebut, Tim Boga Sumut menampilkan menu makan pagi, siang dan malam (menu sehari) dengan berbagai variasi. Tidak hanya kaya akan gizi seimbang dan aman bagi keluarga, namun juga ditata demikan rupa hingga terlihat menggugah selera.

“Sumut menjadi juara terfavorit katagori Menu Aplikatif Tata Boga. Dalam lomba, tidak hanya kandungan gizi, tetapi pilihan rasa dan kemasan juga mempengaruhi penilaian. Makanan yang dikemas menarik, pasti akan memengaruhi minat santap anggota keluarga. Kemampuan ini harus dimiliki kaum ibu rumahtangga,” jelas Evi.

Sementara Tengku Erry Nuradi, menyatakan rasa bangga atas kreativitas kaum ibu perwakilan Sumut. Prestasi merebut juara favorit sebagai simbol bahwa Sumut kaya akan kreasi kuliner. “Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara adalah kota kuliner. Ini sebagai bukti bahwa Sumut kaya akan jenis makanan dengan berbagai citarasa luar biasa,” sebut Erry.

Baca Juga:  Mau Bika Ambon Made In Sendiri? Coba Resep Ini

Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumut Ir Suyono MM mengatakan, Sumut akan berupaya meraih prestasi lebih baik dalam ajang yang sama tahun depan.

“Dalam lomba kali ini, kita bangga Sumut meraih prestasi sebagai juara Terfavorit. Ini menjadi semangat untuk berbuat yang terbaik lagi di event yang sama di masa mendatang,” ujar Suyono.

Pada Lomba Cipta Menu B2SA tingkat nasional di Palembang, keluar sebagai Juara Umum I Provinsi Riau, Juara II Bengkulu dan Juara III diraih Provinsi Kalimantan Utara.

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 35 di Palembang dengan tema “Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan” dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kegiatan berlangsung selama 3 hari sejak 17 sd 20 Oktober 2015 mendatang.

Sejumlah kegiatan akan berlangsung diantaranya kunjungan kerja Presiden Jokowi, pameran, gelar teknologi, perlombaan, tour diplomatik, pemberdayaan masyarakat. Dalam acara tersebut juga dilakukan Penandatanganan Sampul Peringatan 70 Tahun Food and Agriculture Organization [FAO]. [ded]

Terkait


Berita Terbaru