Survei Pilpres 2019, Ekonomi Sulit Kunci Kemenangan Prabowo Atas Jokowi di Dapil Sumut 1

40

EDISIMEDAN.com,MEDAN : Sebagai lembaga survei yang fokus terhadap isu-isu hangat di tanah air, Onlinesumut terus berupaya melakukan pembuktian guna mendapatkan fakta lewat polling sebagai penguji segala hal.

Setelah sebelumnya sukses melakukan survei tentang kelistrikan di Kota Medan dan Deliserdang serta terkait layanan di Bandara Internasional Kualanamu, kini Onlinesumut mengangkat isu tentang Pilpres 2019 yang akan digelar 17 April tahun depan.

“Ini cukup menarik karena jauh-jauh hari isu ini cukup mewarnai dunia politik tanah air. Saling hujat, perang buzzer para pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, membuat kami tertarik menggelar survei tentang kedua pasangan” ungkap Teuku Yudhistira, Direktur Utama PT Media Hijau Sumatera Utara sebagai perusahaan yang menaungi Onlinesumut, Sabtu (15/12/2018).

Sama dengan sebelumnya, menurut Pria yang akrab disapa Yudis ini, metodologi yang digunakan dalam survei kali ini adalah menggunakan metode Multistage Random sampling dalam teknik pengambilan sampel respondennya.

“Tentunya dengan menyebarkan kuisioner ke Whatsapp, Facebook Mesengger untuk jajak pendapat mengukur tingkat toleransi sikap dan perilaku pemilih terhadap keinginan dalam memilih Calon Presiden” terangnya.

Ternyata, kata Yudis, jika Pilpres jatuh pada 15 Desember 2018, dari 525 responden baik wanita atau pria yang tersebar di Kota Medan, Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi, sebanyak 55% (291 responden) memilih Prabowo dan 41% (218 responden) memilih Joko Widodo sebagai petahana.

“Kita juga menemukan Golput sebanyak 3 persen, serta 1 persen masih merahasiakan pilihannya. Diketahui pula sampling error 5% dengan tingkat kepercayaan 95%” jelasnya.

Terkait survei ini juga, lanjutnya, harus diketahui juga bahwa penyebaran kuisioner selain melalui jaringan Whatsapp, juga grup serta geolocation di seluruh Kecamatan Kota Medan dan Deliserdang melalui facebook.

“Survei dan polling dengan populasi 525 responden, kita sebar pada tanggal 3 sampai dengan 13 Desember 2018” ujarnya.

Lebih lanjut Yudhistira menjelaskan, tingkat perilaku responden survei, alasan dalam memilih calonnya di Pilpres, termasuk program yang diusung Calon masih mendominasi para calon pemilih.

“Misalnya saat kami melemparkan pertanyaan sebagai warga Sumut terhadap Presiden pilihan Anda apa janji yang disukai? pilihannya : Rajin blusukan, Rajin membangun, Harga-harga murah, Subsidi sekolah dan Perguruan Tinggi serta Lapangan pekerjaan. Hasilnya responden memilih presiden yang mampu memberikan lapangan kerja yang mencapai 194 orang atau sekitar 37%. Kemudian rajin membangun, harga murah dan subsidi pendidikan imbang dan sisanya rajin blusukan” paparnya.

Ketika Onlinesumut mengajukan pertanyaan ‘Menurut Anda kondisi ekonomi kita/keluarga/Indonesia saat ini bagaimana?. Dari pilihan jawaban, sulit menjadi pilhan tertinggi mencapai 311 responden atau setara dengan 59%. Lalu jawaban stabil 99 responden (19%), lalu Biasa saja dan tidak menjawab.

“Ini pastinya isu serius. Pemimpin yang mampu memberikan lapangan kerja, menjadi faktor utama bagi rakyat untuk menentukan pilihannya. Jika dikaitkan dengan pertanyaan berikutnya, artinya apa, saat ini perekonomian rakyat memang sudah sangat sulit. Mungkin harapan itu pula yang diharap responden dari sosok Prabowo” imbuh pria yang sudah 21 tahun mengabdi di dunia jurnalistik itu.

Lalu, kata Yudis, pihaknya mengajukan pertanyaan ‘Berdasarkan pilihan Anda di atas, kenapa jatuh hati pada sosoknya?. Pilihan jawabannya ada Tegas, Wibawa, Wacana, Tukang Bohong, Merakyat, Militer dan Sipil.

“Hasilnya wibawa dan merakyat yang paling tinggi dengan sama-sama memperoleh pilihan 171 responden atau sekitar 32%. Lalu disusul dengan pilihan wibawa dan seterusnya” urai Yudis kembali.

Yudhistira juga menjelaskan bahwa variable penting yang mendorong alasan para responden untuk memilih pasangan calon Presiden mendatang adalah sikap tegas dan merakyat yang mencapai 64%.

“Apapun hasilnya, tentunya kami dari Onlinesumut berharap Pilpres 2019 bisa berlangsung aman, tertib dan lancar demi Indonesia Damai serta Indonesia maju dan jaya” tutupnya.(Mahbubah Lubis)

 

Apa Tanggapan Anda?