Home / PROFIL / Sylvi Dhea: “Sebarkan Ilmu Walau Seujung Kuku”

Sylvi Dhea: “Sebarkan Ilmu Walau Seujung Kuku”


Silvy Dhea Angesti

“Allah akan memudahkan jalan kita ke syurga jika kita menempuh jalan untuk menuntut ilmu. Dia sangat mencintai orang-orang yang menuntut ilmu dan orang berilmu yang didasarkan atas iman akan diangkat derajatnya oleh Allah”

Itulah sepenggal kalimat yang dilantunkan seorang gadis cantik berkulit kuning langsat, Silvy Dhea Angesti.

Baginya, ilmu sangat penting dalam kehidupan. Ilmu dibutuhkan untuk menjalani hidup. Baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. Ketahuilah bahwa menuntut ilmu merupakan ibadah, bahkan merupakan ibadah yang paling agung dan utama.

Silvy Dhea Angesti atau yang sering disapa Dhea adalah seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi di salah satu Universitas Negeri ternama di Sumatera Utara.

Dhea yang masih berusia 19 tahun telah memiliki segudang prestasi membanggakan Juara 3 English Sun Education Centre 2008, Top 20 Cover Girl Aneka Yess 2012, Guest Speaker of Digital Youth Icon ‘Internet Safety’ SUMUT, Sutradara Terbaik Festival Drama Amuk Teater Sumatera Utara (ATSU) LKK UNIMED 2014 dalam naskah ‘BARABAH’, Hijab Model Hunt Jawa Timur 2015, dan masih banyak lagi.

Dari keseluruhan prestasinya, Dhea lebih bayak meraih prestasi di bidang modeling karena dunia modeling adalah hal yang paling disenanginya. Ia hobi mengikuti kontes atau lomba di bidang modeling sebab dari segala bakat yang ia punya, modeling adalah bakat yang paling menonjol dalam dirinya. Selain itu, ia juga ingin mengembangkan bakatnya agar lebih baik lagi.

Baca Juga:  Mengenal M Syahrial, Walikota Termuda di Indonesia dari Tanjungbalai

“Meskipun Dhea suka buat puisi, buat naskah-naskah drama, public speaking, tapi Dhea lebih senang dibidang Modelling. Makanya Dhea rajin ikutan kontes-kontes seputar Modelling sekalian mau mengasah terus bakat Dhea ini karena pengen bisa raih prestasi sampai ke tingkat nasional,” tuturnya.

Apa yang diucapkan Dhea ternyata bukanlah ucapan belaka. Dhea berhasil meraih prestasi di tingkat Nasional.

Januari lalu, ia mengikuti ajang Miss Internet Indonesia 2017 dan terpilih sebagai Miss Internet Indonesia 2017 perwakilan Sumatera Utara, yang kemudian meraih Top 15 Finalis Miss Internet Indonesia 2017 dalam perhelatan acara Grand Final Miss Internet Indonesia 2017 yang digelar di Bali akhir April lalu.

Ia mengaku sangat senang karena bukan hanya menorehkan prestasi di tingkat nasional, tetapi ia mendapatkan banyak ilmu pengetahuan serta bertemu dan mengenal orang-orang hebat.

“Sepulang dari Bali, Dhea termotivasi untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat karena selama dikarantina, Dhea mendapatkan banyak ilmu, juga bertemu dengan orang-orang hebat. Hal yang paling Dhea ingat adalah bagilah ilmu yang kita punya walaupun hanya sedikit. Makanya Dhea mau mengamalkannya.”

Baca Juga:  Tengku Alya Nabila, Gadis Sampul 2013 yang Melestarikan Tarian Tradisional

“Dhea ingin sharing ke siapa aja tentang pengalaman dan ilmu yang didapat selama di Bali. Apalagi soal penggunaan internet. Jadi orang-orang bisa lebih cerdas dalam menggunakan internet yang baik dan benar,” ungkapnya.

Dhea pernah mendengar suatu pepatah, “Mengetahui saja tidak cukup, kita harus mengaplikasikannya. Kehendak saja tidak cukup, kita harus mewujudkannya dalam aksi”

Dahulu pepatah tersebut hanya angin lalu saja baginya. Tapi kini, tanpa ia sadari pepatah tersebut sedang dijalankannya. Kini Dhea telah banyak mengetahui berbagai ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang internet.

Kemudian terlebih dahulu ia mulai mengaplikasikannya dari diri sendiri, lalu ke orang-orang terdekatnya seperti keluarga dan teman dekat. Dhea memang telah berhasil menyebarluaskan ilmunya mengenai internet kepada orang-orang terdekatnya. Tapi ia ingin menyebarkannya lebih luas lagi, yaitu seluruh masyarakat Sumut.

Ia ingin masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sumatera Utara menjadi pengguna aktif internet yang cerdas dan bermutu sehingga mengetahui pengaruh positif dan negatif dari internet tersebut.

Baca Juga:  Terlanjur Cinta; Emma Gunawan, Sales Director Manulife Medan
Sylvi Dhea

Ia sadar, keinginan tanpa wujud aksi nyata sama dengan bohong. Saat ini Dhea mengaplikasikannya dengan melakukan kegiatan sosialisasi ke berbagai sekolah yang ada di kota Medan maupun luar kota Medan. Tidak hanya sekadar berbicara dimuka umum, namun ia juga mempraktekkannya kepada seluruh pelajar yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Ia juga mengajak seluruh pelajar untuk mendukung dan menggalakkan internet sehat agar generasi penerus bangsa bisa memajukan Indonesia yang lebih baik. Selain internet, Dhea juga membagikan ilmu pengetahuan lain, seperti hidup bersosialisasi itu penting.

Ia juga menceritakan berbagai pengalaman pahit maupun manis yang pernah ia rasakan. Ia berharap bisa menginspirasi banyak orang dan juga bermanfaat.

“Dhea tau ilmu yang disebarluaskan itu gak ada apa-apanya. Ibarat cuma seujung kuku. Meskipun begitu, Dhea berharap ilmu dan pengalaman yang Dhea bagikan itu bisa bermanfaat untuk orang banyak dan juga bisa menginspirasi mereka untuk terus berusaha dalam menggapai cita-cita dan impian. Tetaplah menjadi diri sendiri dan sedikit apapun ilmu kita punya, maka sebarkanlah,” tandasnya sambil tersenyum.

Artikel ini Kerjasama dengan Glanz Publisher
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up