Home / NEWS / Tak Hanya Ichwan Lubis, Oknum Polisi Lain Juga Banyak Kunjungi Toni di Lapas

Tak Hanya Ichwan Lubis, Oknum Polisi Lain Juga Banyak Kunjungi Toni di Lapas


EDISIMEDAN.COM, MEDAN – Mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Lubukpakam, Deliserdang, Budi Arianto membeberkan sejumlah fakta mengejutkan terkait keterlibatan oknum polisi lain dalam jaringan bandar narkoba, Toni alias Togi, selain Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Belawan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis.

“Saya banyak tahu oknum polisi yang terlibat jaringan narkoba si Toni itu,” beber Budi yang kini bertugas di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara (Sumut), seperti dilansir Koran Sindo, Senin (25/4/2016).

Budi Arianto yang dimutasi lantaran menyediakan fasilitas mewah di lapas kepada Toni, mengungkapkan bahwa AKP Ichwan memang pernah mengunjungi Toni saat menjadi napi di Lapas Lubukpakam. Bahkan, banyak oknum polisi lain yang juga sering mengunjungi Toni di lapas kelas IIB tersebut.

Jika melihat penampilannya, para oknum polisi yang menemui Toni itu diduga sudah berstatus perwira.

Baca Juga:  Kader Demokrat Ini Sebut SBY Senang Dengan Edy Rahmayadi

“Kalau oknum polisi yang menjenguknya, pakaiannya rapi-rapi. Mereka menjenguk Toni kadang sepekan dua sampai tiga kali. Tapi karena mereka dari kepolisian, kami agak sungkan (melarangnya),” kata Budi.

Budi yang sedikit merasa janggal dengan kunjungan para oknum polisi itu pernah menanyakan kepada Toni hubungannya dengan mereka.

BACA JUGA

Rp 2,3 M Diterima Ichwan Lubis dari Tjun Hin, Bendahara Bos Narkoba Toni

“Dia (Toni) selalu bilang itu teman dari polisi. Bahkan, dia bilang bahwa AKP Ichwan itu adalah jaringannya, termasuk oknum polisi lain yang menerima upeti dari Toni,” tandasnya.

Fakta baru yang dibeberkan Budi ini semakin menguatkan dugaan banyak oknum polisi yang terlibat dalam jaringan Toni, yang dikenal sebagai bandar narkoba kelas kakap di Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso sebelumnya meyakini AKP Ichwan Lubis tidak bekerja sendiri. Dia pun menyebut secara tegas tidak tertutup kemungkinan ada sejumlah personel kepolisian lain yang terlibat.

Baca Juga:  Guru SMA 4 Medan Ungkap Misteri KTP Pelaku Teror Bom Gereja

“Pasti, pasti ada yang terlibat, tetapi itu masih penyelidikan. Kalau saya sebutkan sekarang, nanti pada kabur orangnya,” ujar Kapolda, Sabtu (23/4).

Sebagaimana diketahui, Badan Narkotika Nasional (BNN) menciduk AKP Ichwan dari kediamannya di Jalan Tuasan, Kelurahan Siderejo Jilir, Medan Tembung, Kamis (21/4) lalu.

AKP Ichwan diduga menerima uang miliaran rupiah dari bandar Toni. Hingga kini, belum diketahui keberadaan AKP Ichwan setelah diboyong ke Jakarta pekan lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Helfi Assegaf, yang dikonfirmasi kemarin, menyebutkan Polda Sumut hingga Minggu (24/4/2016) belum menerima pemberitahuan dari BNN pusat terkait keberadaan AKP Ichwan.

“Sampai saat ini kami belum menerima apakah yang bersangkutan (AKP Ichwan Lubis) dilakukan penahanan atau tidak. Belum ada pemberitahuan ke kami,” ucap Helfi singkat.  [ded]

Terkait


Berita Terbaru