Home / COMMUNITY / Taruna Merah Putih Gelar Donor Darah Berhadiah di DPRD SU

Taruna Merah Putih Gelar Donor Darah Berhadiah di DPRD SU


MEDAN | Gedung DPRD Sumut pada Minggu (29/3/2015), bakal meriah dengan acara kegiatan donor darah. Apalagi pihak panitia menyediakan ratusan hadiah bagi pendonor. Tak ayal kegiatan ini akan menjadi pertama kali diselengarakan di gedung wakil rakyat Sumut itu.

Kegiatan yang digagas Taruna Merah Putih (TMP) Sumatera Utara bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan itu, akan diikuti sekitar 1.000 pendonor.

Dalam siaran persnya kepada EdisiMedan.Com, Jumat (27/3/2015), Ketua Panitia Donor Darah Brilian Moktar, SE, MM mengatakan, kegiatan donor darah tersebut akan dibuka Ketua DPRD-SU Ajib Shah dan dihadiri Ketua TMP Sumut Budiman Nadapdap, Ketua PMI Sumut Dr Rahmat Shah, dan Ketua PMI Kota Medan Ijeck.

Donor darah yang diikuti sekitar 1.000 pendonor yang terdiri dari prajurit Kodam I Bukit Barisa 500 orang, Yayasan Budi Mulia 200 orang, Vihara Borobudur 200, kader PDIPerjuangan, kader TMP, dan elemen masyarakat lainnya.

Baca Juga:  Sambut HUT ke-71 Pomad, Pomdam I/BB Gelar Donor Darah

Kegiatan dilaksanakan secara gabungan dengan organisasi kemasyarakat lainnya itu diselenggarakan untuk untuk sosial dan memperingati HUT TMP ke-7 yang dilaksanakan secara nasional melalui kerja sama dengan PMI.

“Secara nasional, kegiatan donor darah itu akan dibuka di Jakarta oleh Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI Pusat” katanya.

Pihaknya mengharapkan berbagai elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam donor darah yang bertujuan untuk kemanusiaan demi membantu masyarakat yang sedang sakit atau membutuhkan kantong darah tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang mendonorkan darah, panitian akan menyiapkan ratusan hadiah menarik dengan hadiah utama sepeda motor yang disumbangkan PT Alfa Scorpii.

Adapun hadiah lainnya terdiri dari 5 unit televisi, 2 unit kulkas, 10 buah HP, 20 unit kipas angin, 6 unit rice cooker, 6 unit setrika, 6 unit dispenser, 10 unit komps ga hock, dan 20 unit parabola.

“Hadiahnya sangat banyak, semua pendonor pasti akan mendapatkan hadiah” kata Brilian yang juga anggota DPR-SU itu.

Baca Juga:  Danamon Gelar Pekan Donor Darah Nasional

Kepanitian mengapresiasi banyak instansi yang mendukung kegiatan donor darah itu seperti DPRD-SU, Kodam I/BB, TMP Sumut, PDDI Sumut, PMI Sumut dan Kota Medan, MBI Sumut, Alfa Scorpi, Vihara Borobudur, Lion Club, Rotari Medan Deli dan Medan Thamrin.

Selain itu Apkomindo, Akbid Budi Mulia, Lotus, Medan Charity Club, Hope Team, Nemo Club, Mobil Sport Persaudaraan Medan, Dena Saos, Kompor Gas Hock, Distributor alat sport Jaco, Indo Coffee, PT Golgon, Pohon Pinang, Pasar Elektronik Megacom, Madu Rasa, Pocari Sweat, Susu Zee, White Coffee Akbar, Energen, Produgen, Proman, dan Raja Fota Medan.

“Kami menargetkan minimal 1.000 pendonor. Diharapkan hasilnya bisa menjadi tambahan bank darah untuk PMI” ujar Brilian.

Selain donor darah, kepanitian juga akan memberikan pelayanan gratis untuk pemeriksaan gula darah, asam urat, pemeriksaan tulang.

Baca Juga:  54 Mahasiswa Sumut dan Aceh Ikuti OJT di Inalum

“Banyak sekali manfaatnya donor  ini. Selain untuk memberikan manfaat untuk kebersihan darah, juga menambah kesehatan, Kalau sering pening-pening, dua atau tiga kali donor, mudah-mudahan hilang,” kata Brilian menambahkan.

Humas PMI KOta Medan dr Dr Barbara Sumampow mengatakan, pihaknya menyiapkan sembilan dokter dan puluhan tenaga transfusi yang terampil dalam donor yang akan diselengarakan di ruang paripurna DPRD-SU tersebut.

Seluruh elemen masyarakat dapat menjadi pendonor dengan syarat usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah 120 per 80, tidak lagi hamil, menstruasi, atau menyusui. “Nanti, kami yang akan memeriksa pendonor,” katanya.

Masyarakat yang rutin mendonorkan darah akan mendapatkan manfaat besar bagi kesehatan. Diantaranya tekanan darah yang akan selalu stabil 120 per 80 dan bisa tercover untuk memeriksa kemungkinan penyakit parah hepatitis, HIV, dan sipilis. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up