Tebingtinggi Perpanjang Pendaftaran, Tapteng ada 4 Pasangan

263

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tebingtinggi melakukan pleno perubahan tahapan dan jadwal pilkada. Mereka menunda dan memperpanjang masa pendaftaran hingga 28 September 2016 mendatang.

Hal tersebut dilakukan karena baru satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tebingtinggi yang mendaftar untuk mengikuti Pilkada serentak 2017 ke KPUD Tebingtinggi.

“Sampai pukul 24.00 WIB tadi malam, baru satu pasangan calon yang mendaftarkan diri,” kata Ketua KPU Tebingtinggi Abdul Khair, saat dihubungi, Sabtu (24/9/2016).

Pasangan calon yang mendaftarkan diri yakni calon petahana, Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar. Pasangan yang didukungan 8 partai politik ini datang ke KPU Tebingtinggi pada Kamis (22/9/2016).

‎Abdul Khair mengatakan, perpanjangan ini dilakukan sesuai PKPU No 14  Tahun 2015. KPU Tebingtinggi memutuskan, mereka menyosialisasikan perubahan itu selama tiga hari dimulai hari ini hingga Senin (26/9/2016).

Setelah itu, mereka kemudian membuka kembali pendaftaran pasangan calon pada 27, 28 dan 29 September 2016.

“Kita sepakat memperpanjang masa pendaftaran ini karena melihat masih ada potensi munculnya 1 pasangan calon lain. Calon yang sudah mendaftar diusung 8 partai politik tercatat mengumpulkan 19 dari 25 kursi di DPRD Tebingtinggi,” jelas Abdul Khair.

‎”Artinya masih ada 6 kursi lagi, jumlah ini mencukupi minimal dukungan 20 persen atau 5 kursi,” imbuhnya.

Jika hingga penutupan pendaftaran hanya satu pasangan calon yang mendaftar, tahapan Pilkada tetap dilanjutkan. Komisioner KPU Sumut Yulhasni  menjelaskan, pasangan calon terpilih harus memperoleh persetujuan dari minimal 50 persen ditambah 1 suara dari total pemilih.

“Gambaran teknisnya kira-kira nanti foto mereka disandingkan dengan kolom kosong. Yang setuju mencoblos pasangan itu,” jelas Yulhasni.

Sementara itu, pada Pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah, terdapat 4 pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU. Dua pasang diusung partai politik yaitu Pardomuan Napitupulu-Ramses Hutagalung dan Bakhtiar Sibarani-Darwin Sitompul  serta dua pasang dari jalur perseorangan yaitu Buyung Sitompul-Binsar Saruksuk dan Rantinus Manalu-Sodikhin Lubis. [buwas]

Apa Tanggapan Anda?