Home / ASAHANSUMUT / Tengku Erry Imbau Pelajar Sergai Pakai Teluk Belanga Setiap Jumat

Tengku Erry Imbau Pelajar Sergai Pakai Teluk Belanga Setiap Jumat


Pelajar Sergai mengenakan busana Melayu Deli Teluk Belanga saat memecahkan rekor MURI Tari Serampang 12

PERBAUNGAN, EDISIMEDAN| Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengimbau pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) untuk terus melestarikan adat budaya Melayu yang merupakan warisan kekayaan bangsa.

Salahsatu caranya adalah dengan menanamkan budaya Melayu di kalangan pelajar yakni dengan memakai seragam Teluk Belanga setiap hari Jumat.

Menurut Tengku Erry, yang juga mantan Bupati Sergai pertama, Teluk Belanga, merupakan pakaian tradisional Kabupaten Sergai. Karena itu sudah sepantasnya melestarikan adat budaya lokal mulai ditanamkan sejak usia dini di kabupaten yang baru berusia 12 tahun itu. [BACA JUGA: 4.320 Pelajar Sergai Raih Rekor MURI Tari Serampang 12]

“Adat budaya lokal merupakan warisan kekayaan bangsa. Pesan saya, agar pada hari Jumat, para siswa-siswi mamakai pakaian tradisional Sergai, yakni teluk belanga, sebagai bentuk kecintaan umtuk melestarikan adat budaya lokal,” kata Erry Nuradi saat menghadiri HUT ke-12 Sergai di Lapangan Sepakbola Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Rabu (6/1/2016).

Saat itu, Erry menyaksikan langsung ribuan pelajar dari 17 Kecamatan di Sergai menggelar parade Tarian Serampang 12. Bahkan kegiatan itu tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagelaran tari terbesar karena diikuti oleh 4.320 siswa-siswi.

Pagelaran Tari Serampang 12 Sergai ini memecahkan rekor sebelumnya yang dicatat pelajar Kota Medan pada tahun 2009 lalu. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up