Home / ASAHAN / LANGKAT / POLITIKSUMUT / Tengku Erry Lantik 14 Bupati/Walikota se-Sumut Hasil Pilkada Serentak

Tengku Erry Lantik 14 Bupati/Walikota se-Sumut Hasil Pilkada Serentak


Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berfoto bersama usai melantik 15 Bupati dan Walikota di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (17/2/2016).

MEDAN, EDISIMEDAN.COM| Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan lima belas bupati dan walikota se-Sumut. Prosesi pelantikan berlangsung di Lapangan Merdeka, Rabu (17/2/2016).

Sebanyak 14 pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik merupakan pemenang Pilkada Serentak yang berlangsung pada 9 Desember 2015 lalu.

Sedangkan seorang Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Syukran Jamilan Tanjung, dilantik sebagai bupati defenitif, setelah sebelumnya menjabat Wakil Bupati kemudian ditetapkan beberapa waktu sebagai Plt Bupati Tapteng.

Sukran dilantik menjadi Bupati Tapteng menggantikan Bonaran Situmeang yang sudah diberhentikan secara tetap karena perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap.

Pelantikan para kepala daerah dilakukan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menerima Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. Sembilan SK diantaranya diterima pada Selasa (16/2/2016) sore.

Baca Juga:  Diduga KM Sinar Bangun , Basarnas Temukan Dua Titik Objek di Kedalaman 490 Meter Danau Toba

Berbeda dengan sebelumnya yang digelar di ruangan, prosesi pelantikan 15 kepala daerah di Sumut kali ini berlangsung di Lapangan Merdeka Medan.

“Menurut Undang-undang, pelantikan Bupati atau Walikota dilakukan di Ibukota Propinsi. Tidak harus di kantor. Saat ini kita gelar di Lapangan Merdeka agar kepala daerah yang dilantik bisa dekat dengan rakyatnya,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi MSi melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan lima belas bupati dan walikota se-Sumut itu.

Proses pelantikan berlangsung meriah, meski jauh dari kesan mewah. Pihak penyelenggara juga menyiapkan stan makanan khas daerah masing-masing daerah yang mengikuti pelantikan. Usai pelantikan, malam harinya digelar panggung hiburan rakyat.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berpesan kepada kepala daerah yang dilantik untuk menjalankan tanggungjawab sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

Baca Juga:  Warga Tuding Proyek IPAL di Binjai Utara Diduga Dikerjakan Asal Jadi

“Kedepankan kepantingan rakyat diatas kepentingan pribadi dan kelompok. Mari berlomba-lomba membangun daerah masing-masing. Keberhasilan pembangunan di Kabupaten/Kota akan mempengaruhi peningkatan perekonomian masyarakat Sumatera Utara,” pesan Erry.

Tidak lupa Erry mengimbau seluruh kepala daerah yang dilantik untuk bersinergi dengan Pemrov Sumut dalam mendorong roda pembangunan, termasuk dalam penyusunan rencana pembangunan.

“Kabupaten/Kota harus bersinergi dengan Provinsi dalam satu kesatuan yang utuh. Saya yakin, Sumut akan maju dan berkembang menjadi provinsi yang diperhitungkan,” sebut Erry. [fad]

Berikut Daftar 15 se-Sumut KDH yang Dilantik Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi

MEDAN: Walikota/Wakil Walikota Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution
BINJAI : Walikota/Wakil Walikota Muhammad Idaham-Timbas Tarigan
SERGAI : Bupati/Wakil Bupati Soekirman-Darma Wijaya
Pakpak Bharat: Bupati/Wakil Bupati Remigo Yolando Berutu-Maju Ilyas Padang
Samosir: Bupati/Wakil Bupati Rapidin Simbolon-Juang Sinaga
Tobasa: Bupati/Wakil Bupati Darwin Siagian-Hulman Sitorus

Humbasas: Bupati/Wakil Bupati Dosmar Banjarnahor-Saut Parlindungan Simamora
Tapsel: Bupati/Wakil Bupati Syahrul M Pasaribu-Aswin Efendi Siregar
Sibolga: Walikota/Wakil Walikota M Syarfi Hutauruk-Edipolo Sitanggang
Tanjungbalai: Walikota dan Wakil Walikota M Syahrial-Ismail
Asahan: Bupati/Wakil Bupati Taufan Gama Simatupang-Surya
Labura: Bupati/Wakil Bupati Kharuddin Syah Sitorus-Dwi Prantara
Labuhanbatu: Bupati/Wakil Bupati: Pangonal Harahap-Andi Suhaimi Dalimunthe
Labusel: Bupati/Wakil Bupati Wildan Aswan Tanjung-Kholil Jufri Harahap

Tapteng: Bupati Tapanuli Tengah, Syukran Jamilan Tanjung, dilantik sebagai bupati defenitif.

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up