Tengku Ryan Novandi, Figur Pemuda Pelopor Literasi Sumut

133
Tengku Ryan Novandi (kiri) bersama Agus Marwan, Sekjen Forum Masyarakat Literasi Sumatera Utara (Formalsu). [edisiMedan.com/istimewa]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Generasi muda sesungguhnya mengemban peran strategis dalam pembangunan bangsa. Dengan karakter kuat yang dimiliki, pun berkepribadian tinggi, generasi muda harus mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing baik secara lokal maupun global, khususnya dalam perkembangan literasi.

Salah satu generasi muda Sumatera Utara yang menerapkan pendidikan literasi dalam kepribadiannya adalah Tengku Ryan Novandi. Tengku Ryan, begitu dia akrab disapa, tak lain merupakan putra Gubsu Tengku Erry Nuradi.

Menurut Agus Marwan, Sekjen Forum Masyarakat Literasi Sumatera Utara (Formalsu), Tengku Ryan merupakan figur pemuda Indonesia yang layak dijadikan panutan.

Di usia relatif muda yaitu 25 tahun, Tengku Ryan mampu menggerakkan seluruh potensi pada dirinya melalui beragam kegiatan positif, menjadikannya generasi muda yang mandiri, tangguh dan bertanggungjawab.

“Tutur bahasanya yang lembut, santun, lebih banyak mendengar, dan sikapnya tegas, serta ide-idenya brilian. Hampir 3 jam lebih saya bincang-bincang dengan sang pemuda hebat ini. Terutama terkait dengan literasi,” ujar Agus Marwan kepada edisiMedan.com.

Dari perbincangan tersebut, Tengky Ryan menyebut literasi adalah salah satu kompetensi mutlak yang harus dikuasai oleh kaum muda. Dengan kekuatan literasi yang dimiliki, Ryan berhasil menyelesaikan master bisnisnya di negeri Paman Syam, Amerika Serikat. Tepatnya di Hult International Business, dengan gelar Master international Business (MIB)

BACA JUGA

“Tanpa literasi sulit baginya untuk dapat memimpin sebuah organisasi pemuda internasional. Saat ini beliau menjabat sebagai Presiden Junior Chamber International (JCI) Medan dan Bendahara JCI Indonesia,” jelas Agus Marwan lagi.

JCI sendiri merupakan organisasi kepemudaan yang berafiliasi ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), di mana anggotanya berusia 18-40 tahun.

Dari perbincangan itu juga diketahui, pemahaman Tengku Ryan yang meriah gelar S1 di KL University of Limkokwing Bachelor Business (B.Bus), terhadap dunia literasi memudahkannya dalam mengembangkan bisnis property yang sedang ia kelola saat ini.

“Bak gayung bersambut, literasi adalah dunia kami. Panjang berbincang, akhirnya kami sepakat untuk terus menggelorakan literasi di pelosok negeri Sumut” jelas Agus Marwan yang kini menjabat sebagai Direktur PT Dhirga Surya.

“Alhamdulillah sang tokoh muda bernama Tengku Ryan Novandi siap menjadi Pemuda Pelopor Literasi untuk Sumut. Dengan kemampuan, jaringan, dan pengalamannya, sang tokoh muda ini siap mengabdi untuk literasi di provinsi tercinta ini,” sambung Agus Marwan mengakhiri. [ded]

Apa Tanggapan Anda?