Terjerat Kasus Ujaran Kebencian, Rektor Copot Himma dari Kepala Arsip USU

53
HDL, seorang ASN dan dosen di USU serta seorang satpam di Simalungun, harus berurusan dengan pihak kepolisian akibat memosting ujaran kebencian melalui media sosial soal aksi teror bom di Surabaya. [edisiMedan.com/istimewa]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Pihak Rektorat Universitas Sumatera Utara (USU) menon-aktifkan Himma Dewiyana Lubis alias Himma, dosen yang terjerat kasus ujaran kebencian dari jabatannya sebagai Kepala Arsip USU dan Dosen USU. Langkah ini ditempuh agar Himma fokus dengan kasus hukum yang menjeratnya.

“Diberhentikan sementara dari tugasnya sebagai Kepala Arsip USU dan di non-aktifkan mengajar sementara di Fakultas karena sedang menunggu hasil penyeledikan oleh pihak Kepolisian,” ucap Kepala Humas USU, Elvi Sumanti, Senin (21/5) malam.

Selain itu kata Elvi, Rektor USU Runtung Sitepu sudah mengimbau kepada seluruh dosen dan seluruh civita akademikan untuk menjaga sikap dan lisan. Hal ini, untuk mencegah hal serupa kembali terjadi dikemudian hari.

“Kemudian bijak dalam bermedsos (Media sosial), jangan terprovokasi terhadap hal-hal yang belum jelas kebenarannya,” ucap Elvi.

Elvi mengatakan pihak USU menyerahkan seluruhnya proses hukum dialami Himma kepada Polda Sumut. Begitu juga, USU tidak memberikan bantuan hukum kepada Himma dengan kasus yang menimpahnya.

“Selain itu, Juga sebisa mungkin jauhi dengan paham-paham radikalisme,” tandas Elvi.

Untuk diketahui, Himma diamankan di kediamannya di Jalan Melinjo II Komplek Johor Permai, Kecamatan Medan Johor Kota Medan, Sabtu (19/5) malam. Selanjutnya, Himma dibawah petuas Subdit Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sumut untuk menjalani pemeriksaan.

Saat insiden bom bunuh diri di Surabaya, terduga pelaku ujar kebencian itu, sempat memosting tulisan yang membuat viral di dunia maya dengan tulisannya :

“Skenario pengalihan yang sempurna…
#2019GantiPresiden” tulis akun facebook Himma Dewiyana.

Setelah postingannya viral, Himma yang juga memiliki pendidikan terakhir S2 ini pun langsung menutup akun facebooknya.

Namun, postingannya sudah terlanjur discreenshoot netizen dan dibagikan ke media daring.[ska]

REPORTER
Haska Mail

Apa Tanggapan Anda?