Home / NEWSSUMUT / Terkelin: Jadup Pengungsi Cair Minggu Depan

Terkelin: Jadup Pengungsi Cair Minggu Depan


Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Dinas Sosial Benyamin Sukatendel tampak serius berbincang usai rapat koordinasi dan konsultasi dengan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat

EDISIMEDAN.com, KARO- Proses relokasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Sinabung telah memasuki tahap ketiga yang terus dikoordinasikan. Sekitar 3.376 jiwa atau 1.655 KK akan di relokasi ke desa Siosar Kecamatan Merek. Relokasi tahap kedua dilakukan secara mandiri terhadap 1.682 KK dan tambahan 181 KK di 14 lokasi hamparan. Sedangkan relokasi tahap pertama juga di Siosar dengan jumlah 370 Kepala Keluarga.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga yang mengungsi, Kementerian Sosial akan memberikan bantuan jaminan hidup. Bantuan jaminan hidup tersebut merupakan tambahan lauk pauk.

Hal itu diungkapkan Menteri Sosial Idrus Marham melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, Rabu (4/7/2018) di ruang kerjanya Kementerian Sosial, Jakarta.

Dikatakan, jaminan hidup (jadup) bagi pengungsi Sinabung, tidak ada lagi masalah, tadi sudah di tandatangani direktur untuk di cairkan. Sampaikan kepada saudara-saudara kita pengungsi, masalah jadup sudah selesai.

Baca Juga:  Kutuk Aksi Teror Malam Takbiran, Begini Sikap Ormas Islam Medan

“Bila tidak ada halangan, direncanakan Menteri Sosial akan datang ke Kabupaten Karo, untuk menyerahkan langsung secara simbolis jadup kepada pengungsi. Direncanakan, minggu depan bulan ini. Sedang di koordinasikan dengan protokol Kementerian Sosial, rencana Rabu tanggal 12 Juli ini,” ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Harry Hikmat mengatakan, pemerintah akan terus memperhatikan dan memastikan bantuan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. “Itu untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir dalam setiap masalah yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Dalam kunjungan kordinasi dan konsultasi ke Kementerian Sosial terkait sejumlah masalah pengungsi seperti jaminan hidup (jadup) dan persiapan relokasi tahap tiga, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel, SE, MM.

Baca Juga:  Dua Tahun Kepemimpinan Terkelin-Cory, Kinerja OPD Pemkab Karo Dituding Rendah Dan Miskin Terobosan

Bupati Karo Terkelin Brahmana menjelaskan, masalah jadup pengungsi sudah selesai. Direncanakan Rabu depan (12/7), sudah cair dan kemungkinan diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial. Menyangkut persiapan relokasi tahap ke tiga, ditargetkan tahun ini, paling tidak bulan Oktober sudah selesai pembersihan lahan seluas 480 hektar untuk lahan pertanian pengungsi, ujarnya.

Dalam tahap ketiga, relokasi sisa dari semua pengungsi kurang lebih berjumlah 1.655 KK. Pada kesempatan ini, sudah terjadi komitmen berkaitan dengan izin antara Pemprov Sumut, Kabupaten Karo dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang akan dilaksanakan secepat-cepatnya di Siosar dengan luas lahan yang dibutuhkan sebesar 480 hektar, ujar Bupati Karo.

Sementara untuk tahap kedua untuk 1.682 KK dan tambahan 181 KK dilakukan relokasi mandiri di 14 lokasi hamparan lahan yang ditargetkan selesai secepatnya. Progresnya sekarang sudah lebih dari 90 persen. Relokasi tahap ke dua, berbeda dengan relokasi tahap pertama dan ke tiga, pengungsi diberikan uang untuk membangun rumah dan membeli lahan pertanian, semuanya dikerjakan secara mandiri sesuai keinginan pengungsi, ungkap Bupati Terkelin Brahmana.

Baca Juga:  Tipe Terbaru Givency One Siap Jadi Rumah Contoh Termewah dan Terbesar

“Tahap ketiga akan menampung 1.655 KK ditargetkan selesai pada akhir 2018. Relokasi lahan pemukiman juga digunakan sebagai lahan pertanian. Masing-masing kepala keluarga menerima setengah hektare lahan, sekarang sudah dimulai pendataan dan pembersihan lahan di Siosar,” tutur Bupati Karo. [Anita]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up