Terkelin : Pejabat OPD Pemkab Karo Harus Berpikir Kreatif dan Konstruktif Manjakan Masyarakat dengan Pelayanan Yang Semakin Berkualitas

24
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH saat memberikan arahan kepada sejumlah kepala OPD

EDISIMEDAN.com, KARO: Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Karo, Drs. Suang Karo-Karo mengawali hari pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri 1439 H menyempatkan diri mengunjungi sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pada kesempatan itu, dia meminta para pejabat pimpinan OPD di wilayahnya bisa mandiri dan mampu berinovasi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Saat ini, pejabat harus dapat memberi perubahan positif yang lebih terarah dan sistematis terhadap keberhasilan pemerintah daerah, tentunya, dalam mencapai visi-misinya. Beri perubahan positif, terarah dan sistematis serta berikan yang terbaik kepada masyarakat. Sehingga pemberhasilan pelayanan pembangunan dan tugas-tugas pemerintahan lebih optimal. Berikan masukan yang berkualitas, sehingga memotivasi etos kerja. Tempatkan posisi sebagai pimpinan yang lebih bertanggungjawab dalam penanganan masalah berkaitan dengan tugas jabatan di unit kerja.

Penegasan itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela meninjau kantor Camat Kabanjahe yang satu komplek dengan Kantor Dinas Pertanian, Kantor Dinas Perikanan, Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Dinas Penyuluhan serta Gedung DPRD, Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (21/6/2018).

Orang nomor satu di Pemkab Karo itu, lebih jauh menguraikan, dibutuhkan efesiensi kerja, semangat untuk berkreasi dan berinovasi di setiap lingkungan OPD Pemkab Karo. Semangat kerja keras, penuh dedikasi dan kompak dari para ASN, maka Visi Bupati dan Wakil Bupati Karo menuju Kabupaten Karo lebih sejahtera, maju dan berdaya saing dapat segera terwujud, ujarnya.

Dia juga berpesan, agar kepala OPD dapat menjalankan program kerja yang telah dirancang sebelumnya, dapat disesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan daerah yang terangkum dalam APBD serta Rencana Pembangunan Jangka Mene­ngah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karo.

Masih pada kesempatan itu, Terkelin Brahmana tidak luput menyoroti lingkungan kantor Camat Kabanjahe yang terkesan kurang memberdayakan halaman samping kantor. “Ini harus ditata, tanam bunga-bunga, dan kalau memungkinkan perbanyak tempat duduk bagi masyarakat yang berurusan ke Kantor Camat maupun Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil. Tidak usah menggunakan dana APBD, apa salahnya dana CSR dari Bank Sumut digunakan, namun harus tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Bupati Karo.

Sama halnya Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kepuasan dan kenyamanan masyarakat saat mengurus adminstrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karo menjadi salah satu prioritas Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH.

“Masyarakat harus dimanjakan dengan pelayanan yang semakin berkualitas, cepat dan tuntas. Tidak jamannya lagi bertele tele, layani masyarakat dengan smart, cepat dan mudah. Ingat, masyarakat datang jauh-jauh dari kampung untuk mengurus surat-surat di Dukcapil, harus dilayani dengan baik,” ketusnya.

Mengubah halaman kantor yang tepat berdampingan dengan gedung DPRD Karo itu, sudah seharusnya dilakukan. “Mengingat kondisi sekarang ini, jumlah masyarakat yang berurusan di Disdukcapil sangat banyak. Dan untuk menyiasati kepadatan masyarakat dalam berurusan, lokasi parkir akan difungsikan sebagai tempat tunggu yang ramah anak, karena banyak orang tua yang mengurus keperluannya membawa anak-anaknya, itu harus kita perhatikan,” tegasnya.

Demikian juga di belakang kantor Dinas Pertanian, agar di tata, buat apa tanah kosong yang cukup lebar kalau tidak bisa di fungsikan. Mau buat lapangan Volly atau Basket silakan, yang penting tanah kosong ini bisa di fungsikan, ketusnya.

Sementara di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karo yang satu komplek dengan gedung Puskesmas Kabanjahe di Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe, Bupati minta hal yang sama, agar suasana komplek kantor ditata dengan indah.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan drg Irna Safrina Br Sembiring Milala merespon positif arahan dan isntruksi Bupati Karo. “Secepatnya kami tata dengan taman dan bunga-bungaan di komplek kantor Dinas Kesehatan, maupun gedung Puskesmas,” ujarnya.

Turut hadir, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti SSTP, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Metehsa Purba, Kepala Dinas Pertanian, Sarjana Purba, STP, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs Mbaga Ginting. [Anita]

Apa Tanggapan Anda?