Home / PROFIL / Terlanjur Cinta; Emma Gunawan, Sales Director Manulife Medan

Terlanjur Cinta; Emma Gunawan, Sales Director Manulife Medan


TIDAK pernah terpikirkan sebelumnya bekerja di dunia asuransi namun Emma Gunawan pada akhirnya berhasil meraih prestasi paling tinggi yang diimpikan seluruh agen asuransi. Begitulah kisah ibu dua anak ini yang sudah bergabung dengan PT Manulife Indonesia semenjak tahun 1990.

Dalam rentang karir selama 24 tahun itu, Emma begitu akrab dia disapa, mendedikasikan hidupnya hanya untuk Manulife. Kini dia dipercaya menduduki posisi strategis sebagai Sales Director Manulife divisi Medan.

Jabatan ini mengharuskannya menjadi leader yang tangguh. Karena tugas dan tanggungjawabnya sebagai Sales Director adalah mengembangkan penjualan dalam bidang sales sekaligus pengembangan man power yang berkualitas.

“Saya sangat menikmati dan bangga berkarir di Manulife Indonesia karena terdapat banyak peluang untuk berkembang asalkan dilandasi dengan kemauan dan kerja keras,” ujar Emma ramah saat berbincang santai di ruang kerjanya di Jalan Diponegoro, Medan.

Selama sembilan tahun bertugas sebagai Sales Director Manulife Medan, tangan dingin Emma berhasil mengembangkan perusahaan asuransi terkemuka itu secara pesat di Kota Medan.

Setidaknya di bawah kendali Emma Gunawan, PT Manulife di Medan sudah terbentuk 11 Branc Manager, termasuk 1 Distrik Manager plus satu cabang di bawah kendali dirinya.

Emma Gunawan di ruang kerjanya

#TIDAK SENGAJA
Berkarir di usia belia, di usia 20 tahun dan masih menjadi mahasiswi Universitas Nommensen jurusan Fakultas Ekonomi semester ketiga, Emma merintis karir dari bawah, yakni sebagai agen asuransi.

Baca Juga:  Ketenangan Jenderal Sigit

“Saya sama sekali tidak tidak sengaja berprofesi di dunia asuransi. Saat itu saya direfrensikan oleh adik Mama yang juga manajer Manulife di Surabaya. Meski kala itu dunia asuransi masih fresh dan baru, saya merasa tertantang untuk terus belajar dan mengasah potensi yang saya miliki. Dan saya menikmati setiap langkah yang saya lakukan,” ujar Emma mengisahkan awal karirnya 24 tahun lalu.

Emma bilang, bekerja sebagai agen asuransi, harus dinamis, memiliki jiwa melayani, punya waktu, mau berbicara untuk menawarkan ke orang lain, dan harus siap ditolak.

“Jika sampai terjadi penolakan tidak boleh putus asa, selain itu harus rendah hati. Hal utama untuk menjadi agen harus mempunyai waktu, karena kalau setengah-setengah tidak fokus kecil kemungkinan berhasil,” ungkap Emma membeberkan rahasia sukses dirinya sebagai agen asuransi.

Usaha pantang menyerahnya berbuah dengan meraih prestasi sebagai agen dengan penjualan tertinggi. Sukses sebagai agen, Emma mencoba tantangan baru sebagai Senior Financial Agent.

“Empat tahun berkarir di lapangan, saya coba belajar manajerial sebagai Senior Financial Agent. Waktu itu usia saya 24 tahun. Banyak orang yang meragukan kemampuan saya. Apa sih yang bisa dilakukan anak bawang seperti saya,” kenang perempuan cantik kelahiran 9 September 1970 ini.

Baca Juga:  Swurf Band Talen Medan Rilis Lagu Perdana

Keraguan tersebut dijawab Emma dengan lompatan prestasi yang luar biasa. Sebagai leader, Emma sukses membentuk tim dan menelurkan agency-agency handal dan berprestasi seperti dirinya.

Rentetan prestasi berhasil direngkuh, baik penghargaan pribadi maupun prestasi tim yang dibentuknya. Hingga akhirnya, pada tahun 2005, Emma Gunawan meraih posisi strategis sebagai Sales Director Manulife Divisi Medan.

#DUKUNGAN KELUARGA
Selama berkarya di Manulife Indonesia, Emma mempunyai banyak pengalaman yang tidak terlupakan, terutama pertama kali pada tahun 2010 meraih Best Sales Director Manulife seluruh Indonesia.

Rentetan lain prestasi Emma Gunawan yang tak bisa dilupakan juga adalah meraih Agency Award Nite, setiap tahunnya. Bahkan, Emma Ginawan puluhan kali mengikuti Converence, ajang penghargaan tertinggi yang diimpikan semua agen asuransi.

Let’s do our best and let God do the rest,” kata Emma mengurai filosopi dalam merintis karirnya

Deretan piagam penghargaan tersebut menghiasi ruang kerja Emma berdampingan dengan lukisan hamparan sawah menguning dengan lima petani, yang seluruhnya perempuan. Sebuah ilustrasi yang menggambarkan kegigihan perempuan dalam bekerja, seperti seorang Emma Gunawan.

“Lukisan itu kado pemberian suami saya,” imbuh Emma tertawa kecil.

Menurut Emma, keberhasilannya menggeluti dunia asuransi tak terlepas dari andil suaminya Kawidin Lowis, serta sepasang buah hatinya, Christiana Lowis (12 tahun) dan Michael Lowis (9).

Baca Juga:  Mengenal M Syahrial, Walikota Termuda di Indonesia dari Tanjungbalai
Bersama keluarga besar yang selalu memberikan dukungan dalam karir dan kehidupannya
Bersama keluarga besar yang selalu memberikan dukungan dalam karir dan kehidupannya

Baginya, dukungan keluarga membuatnya percaya diri menghadapi setiap tantangan pekerjaan. Apalagi dalam bidang yang digelutinya, dia harus menghadapi beragam karakter manusia dengan latar belakang pendidikan dengan standar kehidupan yang bermacam-macam pula.

Satu hal yang menjadi prinsipnya, jika mau sukses dalam berkarya harus selalu menjadi yang terbaik dan hidup harus seimbang. Lakon inilah yang selama ini diperankannya, sebagai wanita karir dan ibu rumah tangga.

Dengan pola membagi waktu, hari Senin hingga Jumat waktu untuk bekerja, hari Sabtu menikmati privacy dan hari Minggu waktu untuk keluarga, Emma membagi peran dengan seimbang.

Malah, Emma bercerita, anaknya ikut mendukung kala dia sedang ada masalah. “Mama kan sudah bekerja sekian lama, jangan gara-gara masalah kecil, Mama menyerah. Dont give up,” kata Emma mengutip perkataan putrinya, Christiana Lowis.

“Jadi saya dan keluarga juga seperti sebuah tim yang saling memberi support satu dengan yang lain. Itu yang membuat saya merasa kondusif bekerja di Manulife selama 24 tahun ini,” tutur Emma menutup ceritanya. [dedy ardiansyah]

Profil
Nama Lengkap : Emma Gunawan SE
Jabatan: Sales Director Manulife Medan
Tempat Tanggal Lahir: Medan, 9 September 1970
Pendidikan: Sarjana Ekonomi Universitas Nommensen
Suami: Kawidin Lowis
Anak : Christiana Lowis (Pr/12), Michael Lowis (Lk/9)

Terkait


Berita Terbaru