Home / NEWSSUMUT / Terlibat Korupsi Sisa Anggaran, Mantan Bendahara Dinas LKH Karo Masuk Bui

Terlibat Korupsi Sisa Anggaran, Mantan Bendahara Dinas LKH Karo Masuk Bui


EDISIMEDAN.com, KARO- Mantan Bendahara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo, Herlina Rahmah Batubara AMD (35) ditahan penyidik Satreskim Polres Tanah Karo, Rabu (25/7/2018) sore.

Wanita ini merupakan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi sisa anggaran pada kegiatan Penyusunan Kebijakan Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo TA 2017 yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 189.930.300.

Kaurbin Oprasional (KBO) Satreskim Polres Tanah Karo Iptu J.Manullang menjelaskan penahanan itu dilakukan setelah pihak Polres Tanah Karo menggelar perkara di ruang rapat Satreskrim, Rabu (25/7/2018) dan melalui gelar perkara itu peserta gelar sepakat untuk melakukan penahanan terhadap tersangka korupsi, Rabu (25/7/2018), dengan mempedomani Laporan Polisi Nomor: LP/413/V/2018/SU/Res.T.Karo tanggal 21 Mei 2018.

“Modus tindak pidana korupsi yang dilakukan Rahmah Batubara itu karena dia tidak menyetorkan sisa anggaran kegiatan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo yang tidak habis digunakan ke Rekening Kas Umum Daerah Kabupaten Karo, sebesar Rp.189 juta lebih,” kata Manullang. Kamis (26/7/2018).

Baca Juga:  Palsukan Dokumen, Eks Manager Bank CIMB Niaga Divonis 12 Tahun

Rahmah Herlina Batubara dijerat dengan Pasal 3 Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan atau Pasal 8 dari Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan melakukan Perbuatan Melawan Hukum Pasal 202 ayat (4) dari Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Terkait kasus itu, sebelumnya pihak Polres Tanah Karo telah memeriksa sejumlah saksi-saksi, diantaranya Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karo Timotius Ginting, Pejabat Penatausahaan Keuangan Dinas Lingkungan Nurleli Br Sinuraya, SP, PPK Ida Andayani, S.Hut, PPTK Gloria Hosianna Br Tarigan, ST dan kuasa BUD Kabupaten Karo Thomy Maryono Tarigan.

“Termasuk saksi ahli di Bidang Auditing dari Inspektorat Kabupaten Karo Atas nama Sondang Julia Nova, SE sudah kita minta pendapat dan keterangannya dalam penanganan kasus ini,” pungkas Manullang.

Baca Juga:  Kejari Tahan ADK Kepala Unit BRI Sudirman Binjai Dalam Kasus Dugaan Korupsi Senilai Rp 6,3 Miliyar

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karo Timotius Ginting saat dikonfirmasi tentang kasus korupsi di dinasnya yang melibatkan mantan bendahara kantornya membenarkan bahwa mantan bendaharanya itu saat ini telah ditahan pihak kepolisian, karena terlibat dalam kasus kebendaharaan dalam hal penyelewengan anggaran atau tindak pidana korupsi.

“Dan sebelumnya juga pihak penyidik sudah memeriksa sejumlah stafnya sebagai saksi dalam kasus itu, termasuk dirinya juga sudah diperiksa sebagai sasksi,” ujar Timotius singkat. (Anita)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up