Home / BINJAI / LANGKAT / SUMUT / Tidak Cukup Kuat Bukti, Minola Sibayang Minta Hakim Berikan Putusan Bebas Bagi Okor Ginting, Rasita Ginting Dan Pardianto

Tidak Cukup Kuat Bukti, Minola Sibayang Minta Hakim Berikan Putusan Bebas Bagi Okor Ginting, Rasita Ginting Dan Pardianto


EDISIMEDAN.COM,Langkat –  Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Stabat Kabupaten Langkat dengan hakim ketua Hakim Ketua As’ad Rahim Lubis,SH dengan hakim anggota Sapri Tarigan,SH, Dicky Irvandi,SH dan panitera Aslam Irfan Daulay kembali gelar sidang lanjutan terhadap terdakwa Okor Ginting, Rasita Ginting dan Pardianto  serta Tosa Ginting bertempat di ruang sidang Candra PN Stabat, Jum’at,(3/9)

Dalam persidangan dengan agenda membacakan pledoi atau nota pembelaan dari penasehat hukum terdakwa yakni Minola Sibayang,SH dkk yang diliput oleh puluhan wartawan media cetak dan online ini, penasehat hukum terdakwa Okor Ginting di hadapan hakim dan JPU melakukan pembelaan secara cermat dan sesuai dengan fakta – fakta persidangan terdahulu.

Minola Sibayang dkk dalam pembelaan terhadap terdakwa pihaknya memberikan pengantar berupa bukti tertulis dan rekaman vidio kepada majelis hakim PN Stabat.

Baca Juga:  Demokrat Binjai Buka Penjaringan Bacaleg 2019-2014

Hakim yang membuat penetapan saksi keterangan palsu Susilawati belum ada kejelasan hukumnya ini terkait kewibawaan pengadilan karena pada kasus terdahulu saksi langsung di proses.

Terkait perintah SOP penyelidikan terhadap terdakwa dimana JPU sampai saat ini belum menerima SOP tersebut dari kepolisian. “Hal tersebut diatas untuk pertimbangan majelis hakim dalam mengambil putusan nanti ,”kata Minola Sibayang,SH

Seorang hakim dalam penilaiannya harus berdasarkan fakta-fkata dan bukti. Kita memohon hati nurani hakim saat berikan putusan hukum karena adanya keraguan dan fakta-fakta dan tidak sesuainya BAP polisi dengan fakta-fakta persidangan. “Keterangan saksi yang inkonsistan maka kami berharap  para terdakwa untuk diputus bebas ,”kata penasehat hukum Vany,SH

Perkara Seperti Di Paksakan

Lebih jauh disebutkan Vany,SH, perkara ini seperti dipaksakan dan tidak layak untuk di P21 kan. Dan yang lebih mencengangkan lagi keterangan saksi Susilawati terhadap terhadap terdakwa Rasita Ginting yang berbeda sehingga terdakwa Rasita Ginting terpisah dengan anaknya yang masih kecil.

Baca Juga:  Ketua DPC PDI - P Kota Binjai, M.Syarif Sitepu : Pancasila Sebagai Bintang Penuntun

Ketidak sesuaian keterangan saksi tentunya tidak bisa dijadikan alat bukti . Selain itu unsur ancaman kekerasan tidak terpenuhi begitu juga dengan tuntutan JPU tidak terpenuhi.

Berdasarkan hal tersebut di atas, kami memohon agar terdakwa Okor Ginting, Rasita Ginting dan Pardianto di bebaskan atau melepaskan tuntutan terhadap ketiganya. Mohon hakim berikan keadilan adilnya ,”kata Vany,SH .

Usai pembacaan pledoi tiga terdakwa , majelis  hakim mempertanyakan kepada JPU, dan JPU akan menanggapi pledoi tersebut pada minggu depan. (op)

Terkait


Berita Terbaru