Tidak Lagi di Mako Brimob, KPK Periksa Saksi Kasus Suap Mantan Gubsu di Kantor Kejati Sumut

46
Febri Diansyah, Juru bicara KPK

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Selasa (22/5/2018) kembali melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD, staff dan sekretariat DPRD Sumatera Utara terkait dengan penyidikan 38 tersangka baru kasus suap Mantan Gubsu Gatot Pujonugroho.

Namun berbeda dengan pemeriksan yang dilakukan sebelumnya di Mako Brimob Polda Sumut, pemeriksaan para saksi kali ini akan digelar di Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution Medan.

“Hari ini, 22 Mei 2018 diagendakan pemeriksaan terhadap 22 saksi untuk 38 tersangka anggota DPRD sumut. Pemeriksaan rencana dilakukan di kantor Kajati Prov. Sumut,” sebut Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui siaran persnya , Selasa (22/5/2018).

Febri mengatakan para saksi yang diperiksa terdiri dari unsur anggota DPRD Sumut, staf khusus, sekretariat DPRD dan pejabat serta PNS Pemprovsu. Namun dia tidak merinci siapa saja yang diperiksa.

Namun katanya sampai saat ini sekitar 150 orang saksi telah diperiksa dalam proses penyidikan. Sekitar 30 anggota DPRD telah mengembalikan uang.

” Kami sedang mengidentifikasi pihak-pihak yang menerima dan bersifat koperatif atau sebaliknya,” sebut Febri.

Febri melanjutkan total pengembalian uang dalam kasus Sumut sejak proses penyidikan terhadap 38 anggota DPRD Sumut adalah Rp3.7M.” Kami ingatkan kembali, sikap koperatif dan pengembalian uang akan dihargai sebagai faktor meringankan dalam penqnganan kasus ini,” demikian Febri. [ska]

Apa Tanggapan Anda?