Home / MEDAN TODAY / Tingkatkan Kualitas dan Peran Ibu Menuju Indonesia Maju

Tingkatkan Kualitas dan Peran Ibu Menuju Indonesia Maju


EDISIMEDAN.COM, MEDAN-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi dan Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar senam sajojo bersama puluhan ribu masyarakat di Jalan Pulau Pinang Medan, Minggu (8/12). Senam sajojo bersama tersebut menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 yang mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

 

Selain Plt Wali Kota dan Plt Ketua TP PKK Kota Medan, senam sajojo bersama ini juga diikuti Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Provsu Ny Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Provsu Ny Sri Ayu Mihari Musa Rajeckshah, Ketua Bhayangkari Polda Sumut Ny Evi Agus Andrianto, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana  Kodam I/BB (Persatuan istri TNI Angkatan Darat), Ketua Jalasenastri (Persatuan istri TNI Angkatan Laut), Ketua Pia Ardhya Garini (Persatuan istri TNI Angkatan Udara) serta seluruh unsur Forkopimda Sumut.

 

Kebersamaan dan keakraban begitu terasa dan terlihat saat Plt Wali Kota dan Plt Ketua TP PKK Kota Medan senam bersama unsur Forkopimdan dan berbaur dengan masyarakat tanpa ada jarak. Peringatan Hari Ibu ini guna memperingati dan merayakan peran seorang ibu dalam keluarga baik untuk suami, anak-anak maupun lingkungan sosialnya. Diharapkan para ibu semakin menunjukkan dedikasi dan loyalitas serta pengabdian sesuai peran dan tugas masing-masing terlebih dalam melahirkan dan mendidik generasi penerus bangsa yang unggul.

Baca Juga:  Dibentuk, Tim Pegasus Buru Pelaku Begal di Medan

 

Selain di Kota Medan, peringatan Hari Ibu ini juga digelar serentak di seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Terlebih, saat senam sajojo serentak, kegiatan terkoneksi dan dilihat langsung oleh Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo melalui video conference. Usai senam, selanjutnya Plt Ketua TP PKK Kota Medan bersama Ketua TP PKK Provsu beserta para Ketua organisasi wanita Sumut melepas 30 burung merpati. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan peserta Jalan Sehat Keluarga ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Ketua TP PKK Provsu.

Usai pelepasan, Plt Ketua TP PKK Kota Medan dan seluruh ketua organisasi wanita Sumut pun jalan sehat bersama sesuai rute yang telah ditentukan. Namun sebelum itu, Ketua TP PKK Provsu Ny Nawal Lubis dalam sambutannya mengajak para ibu agar senantiasa semangat melakoni tugas dan tanggungjawab sebagai pilar di rumah tangga. Terlebih dalam mendukung tugas para suami dalam menjalankan tugas di tempat kerja masing-masing.

Baca Juga:  Pemko Bakal Jadikan Medan Lebih Terang di Bulan Puasa

“Peringatan Hari Ibu ini terselenggara berkat kerja sama kita semua. Senang sekali kita dapat berkumpul di sini di pagi yang cerah dan ceria ini. Kami mengajak para ibu untuk terus aktif dan bersemangat dalam menjalankan tanggungjawabnya. Sebab, kita memiliki peran yang luar biasa dalam keberhasilan rumah tangga serta di lingkungan sosial kita. Terus lah bersemangat,” kata Ny Nawal.

Setelah jalan santai, seluruh rombongan unsur Forkopimda selanjutnya kembali untuk mengikuti acara selanjutnya di Lapangan Merdeka Medan. Namun, di sela-sela jalan sehat, Plt Ketua TP PKK Kota Medan dan seluruh ketua unsur organisasi wanita Sumut membubuhkan tanda tangan di spanduk untuk memberikan dukungan terhadap gerakan “Stop Kekerasan Pada Anak” yang dilakukan sejumlah organisasi kemanusiaan.

Sesampainya di Lapangan Merdeka, rombongan unsur Forkopimdan dan para ketua organisaai wanita Sumut selanjutnya Senam Ahoii bersama yang dimotori TP PKK Kota Medan. Tanpa merasa lelah, seluruh peserta jalan sehat yang ikut bersama juga turut dalam tarian khas Kota Medan tersebut. Selain itu, acara juga diisi dengan berbagai kegiatan lain seperti lomba video dan bazar. Plt Ketua TP PKK Kota Medan juga menerima bibit tumbuhan dari Ketua TP PKK Provsu untuk gencar melakukan penghijauan guna melindungi alam.

Baca Juga:  Sebanyak 94 Unit kios Sementara Pasar Titi Kuning Terbakar

Apresiasi pun disampaikan Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar atas digelarnya peringatan Hari Ibu tersebut. Ny Nurul berharap momentum ini menjadi semangat bagi seluruh ibu untuk tetap menunjukkan kualitas terbaik sebagai seorang ibu yang berperan dalam semua hal baik bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

“Ibu adalah cerminan keluarga. Kita punya peran luar biasa yang tidak ternilai harganya. Ibu juga makhluk hebat yang Allah ciptakan sebagai insan yang kuat. Untuk itu, saya berharap kita semua mampu menjadi contoh yang baik bagi keluarga khususnya anak-anak serta mendukung penuh tugas suami dalam mensukseskan tugas dan tanggung jawab mereka. Karena dibalik sukses suami, ada peran perempuan hebat dibelakangnya. Ayo, para ibu kita berbuat dan lakukan yang terbaik terlebih untuk Kota Medan,” harap Ny Nurul. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up