Home / NEWS / Tokoh Masyarakat Menjadi Kunci Kemenangan Pemilukada

Tokoh Masyarakat Menjadi Kunci Kemenangan Pemilukada


Aswan Jaya dalam Disertasinya yang diberi judul "Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mempengaruhi Pemilih Pada Pemilihan Walikota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara tahun 2016" dalam sidang promosi doktor bidang Komunikasi Islam di kampus pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Jalan Sutomo Ujung Kamis (8/2/2018).

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Peran tokoh masyarakat akan menjadi kunci utama kemenangan pada pemilihan kepala daerah yang saat ini berlangsung di Sumatera Utara. Demikian kesimpulan dari disertasi yang disampaikan oleh Aswan Jaya dalam sidang promosi doktor bidang Komunikasi Islam di kampus pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Jalan Sutomo Ujung, Kamis (8/2/2018).

“Kita melihat peran tokoh masyarakat akan menjadi salah satu kunci kemenangan kepala daerah pada pemilihan kepala daerah di Sumatera Utara pada pemilukada tahun 2018 ini,” ujar Aswan Jaya dalam Disertasinya yang diberi judul “Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mempengaruhi Pemilih Pada Pemilihan Walikota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara tahun 2016” .

Menurut Aswan kelebihan para tokoh masyarakat ini karena mereka membangun basis jemaahnya sejak awal sehingga dipercaya dan lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu katanya, mereka memiliki suara yang didengar oleh para jemaahnya .

Baca Juga:  SBMPTN 2014 Loloskan 104.862 Peserta

“Hasil penelitian yang saya lakukan terlihat potensi yang dimiliki para tokoh masyarakat sangat besar mereka lebih mengenal jamaah dan suaranya lebih didengar oleh jamaah, kelebihan inilah yang menjadi kekuatan utama para tokoh masyarakat dalam mengarahkan jamaahnya untuk memilih salah satu calon” tutur Aswan.

Bukan hanya mengarahkan suara pemilih, peran tokoh masyarakat juga memberikan pendidikan politik dana pemahaman politik kepada masyarakat. Sehingga menurut Aswan keberadaan tokoh masyarakat dalam perpolitikan khususnya di Sumatera Utara sangat dibutuhkan.

“Meski saat ini perkembangan teknologi sudah sangat berkembang sehingga arus informasi bisa menyebar dengan cepat, namun peran tokoh masyarakat masih tidak tergantikan, mereka bukan hanya berfungsi menyampaikan informasi namun yang terpenting mereka memiliki ikatan hati dan perasaan yang lebih mendalam dengan para jamaah sehingga lebih terpercaya,” tutur Aswan. [Top]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up