Home / SUMUT / Tumbuhkan Prestasi Catur Di Sumut, Gala Catur Emas 2019 Kembali Digelar

Tumbuhkan Prestasi Catur Di Sumut, Gala Catur Emas 2019 Kembali Digelar


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Setelah sukses menggelar Gala Catur Emas pada tahun 2018, Galan Kretek kembali memberikan dukungan dan komitmen untuk terus menumbuhkan prestasi kegiatan catur melalui event Gala Catur Emas 2019, Road to Master bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Utara.

Pada  press conference  yang digelar pada Kamis (25/7/2019) Regional manager Medan, Joko Sugianto mengatakan Gala catur emas yang akan digelar tahun ini agar menjadi budaya di Sumatera Utara. Dan agar lebih meriah jika tahun lalu hanya ada 3 tim maka tahun ini bertambah menjadi 6 tim.” Tim gala catur emas 2019 ini juga akan  masuk ke warung kopi  dan masuk ke komunitas catur untuk  membudidayakan catur dikalangan masyarakat. Dan bahkan dikatakannya bukan sekedar main catur tapi kita ada konsep edutainment yaitu ada konsep yang suka ngopi kita siapkan kopi yang suka main game sambil nungguin temannya main catur boleh kita siapkan football player dan bahkan yang suka  suka mobile Legend kita juga siapkan,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Joko mengatakan event ini  dilakukan untuk mencari bibit catur yang ada di Sumut, dan berharap setiap tahun lahir master- master catur tingkat nasional. “Harapannya acara tersebut sukses dan juga bisa menjadikan event gala catur emas menjadi icon di sumut,” kata joko.
Perwakilan Wismilak Grup selaku penyelenggara, Edric Chandra mengatakan  gala catur emas hadir kembali tahun ini tetapi bukan hanya sekedar hadir tetapi berkomitmen. Ia juga menegaskan yang istimewa tahun ini adalah total hadiah mencapai Rp 65 juta lebih besar dibanding tahun lalu yang hanya Rp 35 juta.
“tahun ini, peserta Gala Catur Emas 2019 akan memperebutkan total hadiah Rp 65 juta dan yang paling signifikan, Gala Catur Emas 2019 akan memberi kesempatan bagi para pecatur amatir untuk mendapat senifikasi gelar Master yang akan dibina langsung oleh PERCASI. Rangkaian Gala Catur Emas 2019 akan dimulai pada tanggal 25 Juli 2019,” jelasnya.
Dan dikatakanya, event tahun ini merupakan momentum yang luar biasa apalagi di tahun 2024 Sumut menjadi tuan rumah PON. Kegaiatan  ini akan digelar di 5 kota diawali tanggal 8 Agustus sampai 10 Agustus 2019 di  Lubuk Pakam. Beranjak ke Siantar kemudian Rantau Parapat lalu lanjut lagi ke  Sibolga dan Kabanjae dan akhirnya dari seires ini menjadi kejuaraan nasional yang akan dilangsungkan di Garuda Plaza Hotel Medan.
“Kami senang sekali dilakukan open turnamen karena semakin seringnya dilakukan kompetisi, generasi- generasi baru dari pecatur handal di  Sumut akan tumbuh. Kami awali dengan niat baik. Kalau tidak ada kompetisi bagaimana mengasah kemampuan. Tetapi bukan hanya open turnamennya saja yang diselenggarakan selama 2 hari tetapi dihari pertama kami akan mengajak masyarakat sekitar diperkirakan ada 300 oranh, siapapun yang punya hobi bermain catur baik pria maupun wanita kita buat catur gembira. Hari ke dua  baru kita fokus open turnamen,” kata Edrick.
 
Didukung oleh PERCASI Sumatera Utara, Gala Catur Emas 2019 berkomitmen untuk melahirkan kembali atlet catur berprestasi. Terbukti pada Grand Final Gala Catur Emas 2018 yang melahirkan nama-nama pecatur baru yang meraih gelar master, salah satunya yakni Pasti Tarigan, pecatur non-master asal kota Binjai yang meraih gelar norma master pada Gala Catur Emas tahun 2018.
Untuk itulah Gala Catur Emas hadir dan diadakan oleh Galan Kretek sejak tahun 2016. Menurut Ketua Umum Pengurus Provinsi PERCASI Sumatera Utara, Parlindungan Purba, yang diwakilkan oleh Ketua Harian Percasi Sumut Perry Iskandar mengatakan Gala Catur Emas merupakan upaya untuk mengembalikan nama Sumatera Utara sebagai gudang atlet catur dan diharapkan mampu melahirkan kembali atlet atlet catur berbakat.
Statement ini juga diperkuat oleh Hisar Pasri Sitanggang, seorang pecatur amatir yang lolos ke babak Grand Final Gala Catur Emas 2018 yang mengungkapkan bahwa Gala Catur Emas merupakan event yang sangat bagus karena selain mendatangkan pecatur pecatur tangguh seperti Pitra Andika, Sean Whinshand dan Dede Liu yang sudah punya nama di Indonesia, pertandingan ini juga memberi pengalaman bertanding melawan para Master Catur top di Indonesia, selain untuk menggali bibit bibit unggul pecatur terutama dari Sumatera Utara.
Sementara itu, berbeda dengan tahun sebelumnya, pertandingan Gala Catur Emas 2019 dimulai dengan Open Tournament yang diadakan di 5 kota yaitu Lubuk Pakam (8 -10 Agustus), Pematang Siantar (23 -25 Agustus), Rantau Prapat (6- 8 September), Sibolga (20 22 September), dan Kabanjahe (27 29 September).
Open Toumament akan diadakan selama tiga hari di setiap kota. Dimulai dengan Pertandingan Persahabatan Catur yang dilakukan oleh 300 pecatur amatir, dan 100 pesene Open Tournamen tuntuk memperebutkan hadiah total 6 juta rupiah dan trophy. Open Toumamentjuga dimeriahkan oleh adanya Pasar Wiken yang menghadirkan bazaar serta hiburan dan games.
Selanjutnya, 9 pecatur dengan ranking teratas dari masing-masing kota akan mendapatkan kesempatan untuk bertanding memperebutkan gelar “Master” pada tanggal 9 13 Oktober 2019 yang akan diadakan di Medan. Final Gala Catur Emas 2019 juga akan dimeriahkan dengan kehadiran master master nasional di Indonesia.
Informasi dan pendaftaran mengenai Gala Catur Emas 2019 dapat melalui hotline di nomor 082161505400 atau akun Instagram @gaiacaturemas.(Mahbubah Lubis)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up