Home / NEWS / UIN SUMUT Tidak Larang Penggunaan Cadar

UIN SUMUT Tidak Larang Penggunaan Cadar


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) memutuskan tidak melarang penggunaan cadar dilingkungan kampus. Kebijakan ini ditetapkan melalui Rapat pimpinan rektorat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut).

“‎Jadinya, hasil rapat tidak ada larangan kepada mahasiswi yang meggunakan cadar untuk terus berkuliah di UIN Sumut,” ungkap Humas UIN Sumut, Yuni Salma kepada wartawan, Kamis (8/3/2018).

Pertimbangannya kata Yuni, tidak regulasi peraturan lebih tinggi dari undang-undang dasar 1945, artinya dalam undang-undang diberikan kebebasan untuk menjalankan agama sesuai dengan percayaan.

“Selama ini, dikampus tidak ada masalah antara mahasiswi bercadar dengan kita. Mahasiswi baik-baik saja, tidak mengikuti ideologi radikal, fundamental dan sebagainya,” jelas Yuni.

Yuni mengatakan mahasiswi menggunakan cadar adalah orang-orang berpendidikan dan bisa‎ menilai dan mengerti baik terhadap sesuatu.

Baca Juga:  #Medanbanjir Ramaikan Medsos, Netizen Singgung Akhyar

“Intinya UIN Sumut tidak melarang mahasiswi kita untuk bercadar dan kondisi seperti biasa,” ucap Yuni.

Kemudian, UIN Sumut tidak mengikuti kebijakan yang akan diterapkan oleh UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta mengeluar peraturan larang menggunakan cadar.

“Tidak, kita beda. Itu kita berikan kepada mahasiswi kita masing-masing. Kemudian itu, masing-masing kebijakan pimpinan membuat itu. Kita UIN Sumut, belum ada regulasi resmi dari pusat melarang hal tersebut. Itu pun, secara verbal ucapan-ucapan saja,” ungkap Yuni. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up