Ular Naga Muncul di Danau Toba Cuma Hoak

3258

EDISIMEDAN.COM, MEDAN – Dalam dua hari terakhir, netizen dibikin geger dengan isu munculnya ular naga di perairan Danau Toba. Isu Naga ini mencuat berdasarkan tulisan Ramlo R Hutabarat di funpage facebooknya.

Ramlo Hutabarat saat dikonfirmasi Kamis (16/6/2016) malam, mengaku tulisannya soal Naga muncul di Danau Toba tidak benar. Tulisan itu hanya sebagai bahan tulisan dirinya saja.

“Ah, gak ada itu. Itu cuma sensasi saja. Kalau ada, kan sudah heboh. Pasti muncul di tv-tv,” kata Ramlo singkat saat dihubungi lewat telefon Kamis malam tadi.

Sayangnya, Ramlo tidak menjelaskan lebih rinci soal maksud dari tulisannya itu. Dia hanya bilang itu cuma sensasi saja. “Cuma sensasi saja itu,” katanya lagi.

Di akun fanpagenya, Ramlo Hutabarat menuliskan biodata dirinya sebagaiĀ  jurnalis, penulis puisi, cerpen dan buku. Di situ juga tertera alamat tinggal lengkap dengan nomor telepon dan alamat email.

Sejumlah netizen menyayangkan beredarnya tulisan tersebut. Sebab tulisan itu sendiri telah menjadi viral di media sosial dan dikutip sejumlah media online.

“Gara-gara tulisan Pak Ramlo R Hutabarat, masyarakat sekitar Danau Toba dan perantauan saling bertelepon menanyakan kebenaran cerita dalam tulisan itu. Masyarakat membahasnya di media sosial dan menjadi viral. Bahkan seorang pejabat pun menanyakan langsung karena ditelepon familinya yang penasaran. Ada ada saja…,” tulis Iwan Manalu.

Netizen lain mengaku hal serupa. Menurut Panto Feber Malau, informasi itu akan berdampak negatif bagi pariwisata Danau Toba.

“Mungkinkah? Yang tau tentang hal ini tolong di share infonya. Saya bertahun2 tinggal di kawasan Danau Toba belum pernah dapat kabar seperti ini. Satu yang saya tangkap setelah baca artikel ini adalah, akan muncul rasa takut wisatawan yang akan berkunjung ke Danau Toba, tentu ini menjadi efek yang buruk! *Masih penasaran,” jelas Panto di facebooknya.

Berikut adalah artikel lengkap “Naga Raksasa di Danau Toba Menelan Korban Jiwa” yang dikuti dari funpage Ramlo R Hutabarat. Artikel ini sendiri diakuinya hanya untuk sensasi itu.

Naga Raksasa di Danau Toba Menelan Korban Jiwa

RAMLO R HUTABARAT 15 JUNI 2016

Belasan kapal motor tenggelam tadi malam di perairan Danau Toba. Sejauh ini belum diketahui berapa korban yang hilang atau tewas. Tim SAR dibantu masyarakat sampai pagi ini masih melakukan pencarian para korban. Sementara Tim SAR Nasional dari Jakarta tengah malam tadi telah diberangkat dengan pesawat Hercules lengkap dengan peralatan modren dan canggih.

Seperti dilaporkan Aljazear TV yang berpusat di Uni Emirat Arab, tragedi itu terjadi menyusul bergeraknya seekor naga raksasa yang sejak lepas tengah hari kemarin terlihat di perairan Danau Toba. Gerakan naga yang tenang dan kalem itu tak urung membuat perairan Danau Toba guncang dan menumpahkan air ke bagian daratan Samosir dan sebahagian Sumatera. Tapi menurut Badan Metrologi dan Geofisika, tumpahan air danau terbesar di tanah air itu tidak berpotensi tsunami. [BACA HALAMAN SELANJUTNYA–>]

Apa Tanggapan Anda?