Home / PENDIDIKAN / Unimed Gelar Pembekalan Awal Mahasiswa Baru

Unimed Gelar Pembekalan Awal Mahasiswa Baru


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB). Kegiatan yang berlangsung daring ini, digelar 12-13 Agustus 2021. Tahun ini mahasiswa baru yang diterima di Unimed sebanyak 7.343 orang. Jumlah itu dari 3 jalur seleksi, yakni SNMPTN 1.426 orang, SBMPTN 3.522 orang dan mandiri sebanyak 2.395 orang. Sedangkan jumlah total peminat yang ingin masuk Unimed tahun ini, sebanyak 56.524 orang.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes, mengatakan PAMB penting bagi mahasiswa baru karena akan memberikan pemahaman tentang sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Khusus materi ini disampaikan Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom, M Pd.

“Selain itu kita akan memperkenalkan seluruh pimpinan, senat dan fungsionaris di lingkungan Unimed. Kemudian akan dipaparkan juga tugas pokok dan fungsi dari masing-masing wakil rektor dan sistem akademik dan sistem informasi agar setelah para mahasiswa baru ini nanti kuliah sudah ada pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana pola perkuliahan di kampus Unimed,” kata Syamsul.

Baca Juga:  Terobosan Baru, UM-PTKIN UINSU Secara Daring Dipantau Radius 3 Meter

Disinggung soal model perkuliahan, dijelaskan rektor, Unimed akan mengikuti semua keputusan Mendikbudristek tentang bagaimana sistem perkuliahan semester ganjil 2021/2022. Sampai saat ini, karena pandemi covid-19 belum berakhir, petunjuk dari kementerian tentang sistem perkuliahan di semester ganjil 2020/2021 masih akan dilaksanakan secara full daring. Kecuali jika dalam beberapa bulan ke depan kondisi covid sudah hilang dan ada intruksi dari kementerian memperboleh perkuliahan tatap muka di kampus, Unimed akan mengikuti kebijakan pemerintah tersebut.

“Jadi untuk semester ganjil ini masih secara full daring melalui LMS yang sudah dipersiapkan yakni sistem pembelajaran daring yang dikenal SIPDA Unimed. Saya selaku rektor sangat berharap agar seluruh mahasiswa baru Unimed tahun 2021 ini, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PAMB ini dari tingkat universitas, fakultas dan program studi,” jelas rektor.

Baca Juga:  Olimpiade Sains Nasional Pertamina Diikuti 1.113 Mahasiswa Sumut

Hal lain, kata rektor, ia berharap
seluruh mahasiswa baru meluruskan niat, mindset dan komitmen untuk sungguh-sungguh, giat belajar dan meninggalkan aktivitas yang tidak mendukung perkuliahan. Rancanglah perkuliahan di Unimed ini dengan baik dan maksimal agar seluruh mahasiswa baru ini dalam perkuliahan nanti memiliki prestasi akademik dan non akademik secara baik, sehingga bisa tamat tepat waktu 4 tahun bagi program S1 dan 3 tahun bagi program D3. Harapan lainnya agar mahasiswa baru selama kuliah di Unimed dapat terus mengejar prestasi di tingkat regional, nasional dan internasional.

Melengkapi informasi saat ini Unimed memiliki 80 program studi (prodi). Di antaranya 2 prodi D3, 51 prodi S1, 2 prodi profesi, 19 prodi S2 dan 6 prodi S3. Dari 80 prodi, 59 % atau 45 prodi sudah memperoleh akreditasi A. 2 prodi akreditasi unggul. Sementara 17 prodi akreditasi B dan 2 prodi akreditasi baik sekali. Sedangkan 6 prodi akreditasi baik. Selain itu ada 8 prodi baru.(red)

Baca Juga:  USU Terapkan Sistem Perkuliahan Online

 

Terkait


Berita Terbaru