Home / COMMUNITY / Universitas Simalungun dan TobaPulp Tanam 124 Jenis Bibit Pohon

Universitas Simalungun dan TobaPulp Tanam 124 Jenis Bibit Pohon


Dekan Fakultas Pertanian USI Ir Warlinson Girsang, MP (Kanan), Direktur TobaPulp Juanda Panjaitan, SE (Kiri), Manajer Environment TobaPulp Mangasi Sianipar (Dua Kiri) melakukan penanaman bersama dalam peringatan hari lingkungan hidup.

PARMAKSIAN| Memperingati hari lingkungan hidup, lima puluh Mahasiswa pertanian dan pecinta alam, serta Dosen Pertanian Universitas Simalungun (USI) Pematang Siantar, Senin Pagi (22/7/2015) merangkai aksi kegiatan penanaman dan penghijauan bersama di kawasan Arboretum (Hutan Mini) milik TobaPulp diaeral perbukitan didesa Banjar Ganjang Kecamatan Parmaksian Tobasamosir.

Bekerjasama dengan perusahan bubur kertas PT Toba Pulp Lestari, Tbk, aksi penanam pohon dan penghijauan ini lebih mengedepankan tanaman endemik khas di Tapanuli yakni bibit pohon Kemenyan (Styrax Benzoin), Pinus, Ingul (Toona Sinensis), Meranti (Shorea spp), Api-api (Adinandra Gumosa), Mangga (Mangifera Indica), Petai (Parkia Speciosa), Alpukat (Persea Spp), dan 120 jenis tanaman lainnya. Khusus bibit kemenyan, digunakan hasil kloning dari pohon unggul yang dilakukan TobaPulp.

Dekan Fakultas Pertanian USI Ir Warlinson Girsang, MP mengungkapkan, kegiatan ataupun event seperti ini telah lama terjalin dengan perusahaan. Terutama kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan dan pemanfaatan kehutanan. Menurutnya jalinan kerjasama dan peraktek kerja dilapangan telah menjadi program antara perusahaan dan kampus USI.

Baca Juga:  Aceh Sepakat Bentuk DPD Setiap Kabupaten/Kota

“Hubungan persahabatan atara USI dan TobaPulp sampai saat ini masih terjalin dengan baik, kita terus melakukan kegiatan untuk pemahaman dan pengetahuan mahasiswa, khususnya bidang teknologi kehutanan. Sehingga harapannya mahasiswa lebih mengerti bagaimana kinerja TobaPulp menjalankan mekanisme perusahaan,” sebut Warlinson didampingi wakil Tioner Purba, Shut, MP, Ir Marulitua dan Ir Jasman Purba, dosen, dan sejumlah ketua Prodi kampus USI.

Dalam sambutannya dihadapan Direksi dan menajemen TobaPulp Warlinson Girsang, menyatakan meskipun TobaPulp mendapatkan isu yang kurang baik oleh kalangan LSM, pihaknya yakin dengan pikiran positif isu tersebut pasti tidak benar, karenanya mahasiswa yang berkunjung ke lapangan dapat melihat langsung kebenaran isu yang dilontarkan. Hasilnya sampai saat ini tidak satupun isu yang dilontarkan benar adanya, sehingga mahasiswa USI telah memberikan penilaian yang sebenarnya.

Baca Juga:  Max Binjai Club dan BNN Binjai Touring ke Brastagi

“Event penanaman dan penghijauan seperti yang kami lakukan ini, selayaknya harus lebih sering kita lakukan terutama dikawasan Danau Toba. Kerjasama perusahaan dengan universitas memiliki peranan besar menuju perubahan yang lebih untuk masa depan generasi yang akan datang,” harap Warlinson Girsang.

Aksi penanaman dan penghijauan dilaksanakan berdekatan dengan Pondok Bina Tani miik TobaPulp. Sebuah program yang mengedepankan sistem dan metode hasil pertanian dan peternakan untuk diberikan kepada masyarakat. Sementara itu dalam kegiatan penanaman juga hadir sejumah Direksi dan Manajer PT Toba Pulp Lestari, Tbk. [rez]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up