Home / MEDAN TODAY / Diperiksa 14 Jam, Gatot dan Istri Tinggalkan Gedung KPK dengan Senyuman

Diperiksa 14 Jam, Gatot dan Istri Tinggalkan Gedung KPK dengan Senyuman


JAKARTA| Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho selesai menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bersama istri mudanya, Evy Susanti . Gatot menjalani pemeriksaan kedua di KPK selama hampir 14 jam. Keduanya selesai menjalani pemeriksaan dan keluar dari Gedung KPK sekitar pukul 00.06 WIB. 

Seperti dilansir detik.com, Gatot mengaku dicecar 27 pertanyaan terkait suap terhadap hakim PTUN Medan. “Jadi saya hadir untuk kedua kalinya sebagai saksi dalam kasus perkara dugaan suap. Saudara Gerry dan 3 hakim PTUN dan satu panitera pada panggilan pertama saya ditanya 28. Pertama hari ini lanjutan kemarin sekitar 25-27 pertanyaan,” kata Gatot di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015) dinihari.

Gatot selesai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 00.06 WIB. Dia tak mau banyak menjelaskan soal materi pemeriksaan kali ini. “Pertanyaannya tentu lebih detail kami sampaikan ke juper, juru periksa,” jelas Gatot dengan senyum mengembang.

Baca Juga:  Saat Wali Kota Medan Bergaya Ala Dilan di Pembukaan MTQ

Politisi PKS itu tak mau menjawab lebih pertanyaan dari wartawan. Saat ditanya soal kaitan sang istri muda, Evy Susanti dalam kasus ini, Gatot enggan menjawab. “Ini (Evy) ada di belakang saya, tanya saja,” tuturnya lagi.

Khusus untuk Evy, penyidik mencecar perempuan berhijab itu terkait sumber uang yang diberikannya ke OC Kaligis. Evy memang diketahui ikut memberikan uang lebih dari 10 ribu dollar Amerika kepada Kaligis. “Iya ditanya soal itu (uang ke OC Kaligis), nanti saja dijelaskan,” kata Evy.

Pihak KPK menjelaskan, pemeriksaan Evy dan Gatot hari ini untuk menelusuri sumber uang suap yang diberikan OC Kaligis ke hakim PTUN Medan. KPK menduga, uang suap yang diberikan Kaligis ada kaitannya dengan Gatot dan Evy.

“Ya tentunya kan bagian dari perkara tersebut ada peristiwa suap menyuap. Ada yang menyuap ada yang disuap, tentu sejauh mana dia (Gatot dan Evy) ini,” jelas Wakil Ketua KPK, Zulkarnain saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Pohon Tumbang Hubungi Call Center 0811610850 dan 081260072

Bukan kali ini Gatot lolos dalam pemeriksaan KPK. Dalam pemeriksaan sebelumnya, Rabu (22/7/2015) lalu, Gatot juga diperiksa maraton selama 12 jam oleh KPK sejak pukul 09.30 hingga 21.30 WIB. Gatot dicecar 28 pertanyaan terkait posisinya sebagai saksi kasus penyuapan tiga hakim dan satu panitera di PTUN Medan.

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari kelanjutan proses hukum terhadap para tersangka yang tertangkap dalam operasi tangkap tangan KPK di Medan pada awal bulan. Mereka yang ditangkap dan kini ditahan adalah Geri, Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, Hakim Amir Fauzi, Hakim Dermawan Ginting, dan Panitera PTUN Medan Syamsir Yusfan.

Dari ruangan hakim PTUN Medan, KPK menyita uang sejumlah US$ 15 ribu dan Sin$ 5. Dari pengembangan penyidikan, Geri yang diduga menyuap para hakim dan panitera PTUN Medan itu diketahui merupakan anak buah OC Kaligis. [rez|foto repro detik.com]

Baca Juga:  Inflasi Di Sumut Dipicu Kenaikan Harga Ayam

[Baca Juga: Ini Foto Penampakan Gatot dan Istri Mudanya di KPK]

Terkait


Berita Terbaru