Home / MEDAN TODAY / Wali Kota Medan Apresiasi RS Royal Prima Yang Telah Membantu Penanganan Covid-19 di Kota Medan

Wali Kota Medan Apresiasi RS Royal Prima Yang Telah Membantu Penanganan Covid-19 di Kota Medan


EDISIMEDAN.com, MEDAN: Guna megantisipasi membludaknya jumlah pasien yang terpapar covid-19 dan kondisi Bed Occupancy Rate (BOR) yang terus meningkat, RS Royal Prima melakukan penambahan bed untuk pasien covid-19. Kebijakan tersebut mendapat apresiasi dari Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM sebab menurut Wali Kota Medan penambahan tersebut sangat penting agar tidak terjadi antrian panjang pasien covid-19 yang ingin mendapatkan perawatan intensif.

“Penambahan seperti ini saya rasa sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya antrian akibat lonjakan pasien covid-19, karena itu saya menyampaikan apresiasi kepada RS Royal Prima yang telah membantu penanganan pasien covid-19 di kota Medan” Kata Wali Kota Medan usai menerima audiensi Direktur Umum dan Kerjasama RS Royal Prima di Kantor Wali Kota Medan, Senin (31/5).

Adapun penambahan bed yang dilakukan RS Royal Prima sebanyak 86 bed. Tidak hanya RS Royal Prima saja yang melakukan penambahan bed, Wali Kota Medan juga menyebutkan RS Martha Friska yang mulai kembali dioperasikan juga melakukan penambahan bed sebanyak 50 bed.

Baca Juga:  Pertamina Kampanyekan Budaya Keselamatan di SPBU

“Dari pihak Royal Prima tadi sudah melaporkan hari ini sudah ready 86 bed termasuk 20 bed ICU yang dilengkapi dengan ventilator dan ruang khusus UGD covid-19 agar tidak bercampur dengan pasien lainya dan hari ini RS Martha Friska juga sudah kembali beroprasi dengan menambah 50 bed dari 100 bed yang direncanakan.”jelas Wali Kota Medan.

Meskipun begitu Wali Kota Medan berharap penambahan bed ini jangan sampai difungsikan, artinya Wali Kota Medan tidak ingin adanya penambahan pasien covid-19 di kota Medan.

“Saya berharap jangan lagi ada penambahan jumlah pasien covid-19 di Kota Medan, kalaupun jumlahnya bertambah jangan sampai membludak.”harap Wali Kota Medan.

Selain penambahan bed khusus pasien covid-19, RS Royal Prima juga memberikan bantuan kepada Pemko Medan untuk melakukan swab antigen terhadap masyarakat kota Medan yang berada di lingkungan 7 Kel. Gedung Johor, Kec. Medan Johor dan masyarakat di lingkungan 10, Kel. Tanjung Sari, Kec. Medan Selayang sebab sebelumnya kedua lingkungan tersebut telah dilakukan isolasi akibat tingginya penyebaran covid-19 di lingkungan tersebut.

Baca Juga:  Waspadai Sindikat Penjualan Remaja ke Bukit Maraja

“Kita mengetahui ada dua lingkungan yang sudah diisolasi, ini akan terus kita lakukan tracing dan rencananya besok masyarakat di lingkungan tersebut akan kita lakukan swab antigen bekerjasama dengan RS Royal Prima.”kata Wali Kota Medan.

Sedangkan terkait dengan program vaksinasi massal di Kota Medan yang akan digelar oleh Kementerian BUMN, Wali Kota Medan menjelaskan bahwa Pemko Medan sudah merekomendasikan sejumlah lokasi untuk menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi massal di kota Medan salah satu tempat yang di rekomendasikan ialah di Bandara Polonia.

“Kami merekomendasikan tempat pelaksanaan vaksinasi massal di Bandara Polonia, karena Kementerian BUMN menargetkan 5000 vaksinasi setiap harinya, kita tidak ingin vaksinasi massal ini justru malah menjadi cluster penyebaran covid-19, makanya itu kita pilih Bandara Polonia karena sangat potensial untuk menampung jumlah masyarakat yang akan di vaksin.”jelas Wali Kota Medan.

Baca Juga:  Dinkes-Aspphami Kendalikan Hama Sektor Pariwisata

Sementara itu Direktur Umum dan Kerjasama RS Royal Prima, Yusriando menambahkan penambahan bed khusus covid-19 yang sudah ready hingga hari ini sebanyak 86 bed dari total 290 bed yang direncanakan. Penambahan bed ini tidak hanya di RS Royal Prima yang berada di jalan Ayahanda Kec. Medan Petisah saja namun penambahan juga dilakukan di RS Royal Prima yang berada di Kec. Medan Marelan.

“Selain itu kita juga menambah bed isolasi di ICU yang dilengkapi dengan ventilator dan alat lainya untuk mendukung perawatan pasien covid-19.”lanjutnya menambahkan.(red)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up