Home / MEDAN TODAY / Walikota Minta Sarana Air Bersih Bantuan Amerika Dijaga dan Dirawat

Walikota Minta Sarana Air Bersih Bantuan Amerika Dijaga dan Dirawat


AMERIKA-PEMKO. Walikota Medan Dzulmi Eldin bersama Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Mr Joseph Donovan Jr meletakkan batu pertama pembangunan sanitasi dan RTLH di Jalan Sari Lingkungan V, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Rabu (5/7/2017). Acara itu turut dihadiri Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Mr Juha Salin dan Ketua USAID IUWASH PLUS, Louis O’Brein.

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Walikota Medan Dzulmi Eldin meminta fasilitas sarana air minum dan sanitasi, serta rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) bantuan dari Amerika Serikat untuk dijaga dan dirawat.

Hal itu dikemukakannya saat peletakkan batu pertama pembangunan sanitasi dan RTLH di Jalan Sari Lingkungan V, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Rabu (5/7/2017) bersama Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Mr Joseph Donovan Jr.

Menurut Walikota, program yang disuport USAID IUWASH PLUS tersebut merupakan tanda dimulainya program Pemerintah Indonesia yang diinternalisasi menjadi program Pemko Medan tahun 2017 dalam mencapai target universal yakni 100% masyarakat memiliki akses air minum dan sanitasi serta 0% kawasan tanpa kumuh.

Penandatanganan MoU antara Pemko Medan dengan USAID Iuwash Plus ini turut dihadiri Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Mr Juha Salin, jajaran Direksi PDAM Sumut, sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan serta ratusan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Tabrak Nissan, Mercy Terbakar di Jalan Walikota Medan

Dalam keterangannya, Pemko Medan telah mengintegrasikan program pemerintah pusat yakni kota tanpa kumuh (kotaku) dengan program yang telah direncanakan Pemko Medan yakni program lingkungan sehat permukiman, berupa hibah dan semi hibah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk penyediaan akses air minum dan sanitasi serta RLTH.

Menurut Wali Kota, program Kota Sehat juga terintegrasi dengan kegiatan ini. Dengan demikian sasaran perbaikan kualitas lingkungan dan manusianya menjadi terarah, fokus dan tepat sasaran.

BACA JUGA
Dubes AS Resmikan Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi di Medan Johor

“Tidak hanya dari segi infrastrukturnya saja tetapi juga perubahan perilaku sedemikian rupa, sehingga investasi yang ditanam berhasil guna dan berdaya guna dalam meningkatkan derajat kesehatan lingkungan dan masyarakat,” kata Walikota. [fad]

Terkait


Berita Terbaru