Wartawan Metro TV Jadi Tersangka Kasus Kecelakaan Setya Novanto

232
Kasus kecelakaan yang dialami Ketua DPR RI Setya Novanto berbuntut panjang. Pasalnya, seorang wartawan Metro TV bernama Hilman Mattauch (HM) ditetapkan sebagai tersangka karena diduga lalai hingga menyebabkan kecelakaan.

EDISIMEDAN.com, JAKARTA – Kasus kecelakaan yang dialami Ketua DPR RI Setya Novanto berbuntut panjang. Pasalnya, seorang wartawan Metro TV bernama Hilman Mattauch (HM) ditetapkan sebagai tersangka. Kok bisa?

Penetapan tersangka terhadap HM itu dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya karena diduga lalai mengemudikan mobil hingga menyebabkan kecelakaan.

“Namanya sampean ditilang, tersangka bukan? Makanya kami kenakan UU Lalu lintas, lex specialis ini. Di Pasal 283 itu, juncto Pasal 310 (Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan),” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/11/2017) seperti dikutip dari Kompas.

Kendati jadi tersangka, menurut Argo, Hilman tak ditahan.

Argo menjelaskan, Hilman terbukti lalai dalam berkendara lantaran mengemudikan mobil sambil memainkan telepon selulernya. Akibat ulahnya itu, mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menjelaskan, HM mengemudi kurang konsentrasi.

BACA JUGA
Setya Novanto Kecelakaan dan Tidak Sadarkan Diri

“Pengemudi Fortuner Sodara HM, menerima telepon, ngobrol dengan korban, lelah kurang tidur,” ujar Halim seperti dilansir Republika, Jumat (17/11/2017).

Dia menjelaskan, di dalam mobil, terdapat seseorang bernama Reza yang duduk sebelah kiri samping pengemudi. Sedangkan, Novanto duduk di jok tengah samping kiri.

Rencananya, HM menggunakan mobilnya berencana membawa Setnov untuk menghadiri program prime time News sebagai narasumber di Metro Tv.

Di tengah perjalanan, ternyata disepakati untuk live by phone. Kemudian, lanjut Halim, pengemudi bermaksud mencari tempat yang aman. Selesai panggilan, pengemudi merespon pembicaraan Setya Novanto dan sambil sesekali menengok ke belakang dan menerima telepon dari kantor untuk membawa Novanto ke studio.

“Karena kurang konsentrasi kemudian bergerak ke kanan menabrak trotoar, naik ke atas menabrak pohon dan tiang listrik,” jelas Halim. [BACA HALAMAN SELANJUTNYA KLARIFIKASI METRO TV]

Apa Tanggapan Anda?