Home / COMMUNITY / 54 Dokter Kecil MIN Glugur Darat II Dilantik

54 Dokter Kecil MIN Glugur Darat II Dilantik


MEDAN| Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Medan Usma Polita Nasution, melantik 54 dokter kecil Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Glugur Darat II, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Pelantikan disaksikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Medan Iwan Zulhami, Kepala MIN Glugur Darat II Murni MA, Kepala Puskesmas Glugur Darat Rosita, Ketua Panitia Putri Handayani, para guru, dan orangtua siswa di halaman madrasah itu, Jalan Pembangunan I/Jalan Krakatau Medan, Kamis (2/4/2015).

Usma Polita Nasution dalam sambutannya mengatakan, dokter kecil merupakan implementasi kesepakatan tiga menteri, yakni Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Menteri Agama dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan calon-calon pemimpin bangsa.

Baca Juga:  Gubsu Jalan Sehat Peringati Milad ke-105 Muhammadiyah

Dokter kecil, katanya, adalah siswa-siswi terpilih. Mereka bukan hanya cerdas secara ilmu pengetahuan, tapi juga sehat fisik dan rohani. Dokter kecil merupakan bagian dari program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bagi anak praremaja berusia 6-9 tahun, dan remaja 9-21 tahun.

“Mereka telah dilatih untuk berprilaku hidup dan lingkungan sehat, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun di lingkungan sekolah,” tegas Usma.

Program UKS, tambahnya, juga merupakan implementasi program prioritas Pemerintah Kota (Pemko) Medan, yakni pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. “Dalam program ini, Pemko tidak membedakan sekolah umum dan madrasah. Semua yang memenuhi kriteria, akan terpilih menjadi dokter kecil  atau remaja,” tandas Usma.

Baca Juga:  Inalum Sumbang Terumbu Karang Buatan di Desa Kuala Indah

Dia mengapresiasi Kepala MIN Glugur Darat II dan para guru yang mendukung pembangunan kesehatan di Kecamatan Medan Timur.

Kakan Kemenag Kota Medan Iwan Zulhami  dalam sambutannya mengatakan, dalam perspektif Islam, masalah kesehatan bukan persoalan sepele. Karena dalam Islam dengan tegas dinyatakan, kebersihan merupakan bagian dari iman. [rez]

Terkait


Berita Terbaru