Home / NEWS / Libatkan Mahasiswa Atasi Masalah Stunting, BKKBN Adakan KKN Tematik Bina Keluarga Balita

Libatkan Mahasiswa Atasi Masalah Stunting, BKKBN Adakan KKN Tematik Bina Keluarga Balita


EDISIMEDAN.com, MEDAN: Bekerjasama dengan Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara menggelar kegiatan Pembekalan Materi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Program Bina Keluarga Balita (BKB) Tahun 2018 pada Sabtu (28/07/2018) lalu di ruang kuliah lantai 2 Gedung D Universitas Sari Mutiara Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber, yakni Dra. Evi Ratnawati, Direktur Balita dan Anak BKKBN RI; Drs. Temazaro Zega, M.Kes, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara; dan Rinco Siregar, S.Kep, NS, MNS, Kepala Program Studi Keperawatan USM Indonesia.

KKN Tematik Program Bina Keluarga Balita ini merupakan salah satu wujud nyata kerja sama Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara dengan Universitas Sari Mutiara Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pola pengasuhan balita dan anak.

Baca Juga:  Sesosok Mayat Laki-laki Ditemukan Nelayan di Pinggir PLTU Belawan

“Harapan saya mahasiswa mampu berkomunikasi, berinteraksi, serta melakukan pendekatan persuasi dengan masyarakat agar pesan-pesan kesehatan dapat diterapkan di masyarakat,” ujar Temazaro Zega dalam kata sambutannya.

“Dengan diadakannya KKN Tematik ini diharapkan program KKBPK, terutama program BKB, dapat lebih berkembang melalui pengoptimalan pola pengasuhan kepada masyarakat yang memiliki balita dan anak sehingga program KKBPK berhasil dan dirasakan oleh semua kalangan”, tambahnya.

Selain itu, dengan adanya KKN Tematik ini mahasiswa juga diharapkan dapat mengambil peran dalam pemecahan masalah program BKB di Sumatera Utara, terutama masalah stunting (gizi buruk).

“Kerjasama KKN Tematik dengan beberapa Universitas di 7 (tujuh) provinsi yang difokuskan di sini salah satunya Sumatera Utara karena tingkat partisipasi Bina Keluarga Balita masih sangat rendah di sini”, terang Direktur Balita dan Anak (Balnak) BKKBN RI.

Baca Juga:  Dua Balita di Mandailing Natal Derita Gizi Buruk

“Harapannya, dengan adanya KKN Tematik ini, mahasiswa bisa melakukan terobosan baru untuk pemecahan masalah program BKB di Sumut, terutama untuk masalah stunting di 4 (empat) wilayah stunting di Sumut, yakni Kabupaten Langkat, Padanglawas, Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli”, tutup Evi Ratnawati dalam kata sambutannya.

Pembekalan materi KKN Tematik ini dihadiri oleh 100 mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan USM Indonesia yang akan segera turun ke lapangan untuk melakukan KKN. Sebelum KKN Tematik Program BKB ini, BKKBN juga telah mengadakan KKN Tematik Kependudukan yang berkerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) pada awal Bulan Juli lalu. (Mahbubha Lubis)

Terkait


Berita Terbaru